ABSTRAK : Fenomena tingginya intensitas penggunaan smartphone sehingga tingkat konsentrasi siswa dalam belajar dapat menurun, maka diperlukan adanya perhatian khusus pada remaja di SMP N 2 Enam Lingkung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Konsentrasi Belajar Siswa di SMP N 2 Enam Lingkung Tahun 2023. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Penelitian dilakukan bulan Juli-Agustus 2023dengan jumalh Sampel sebanyak 60 orang siswa. Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Uji statistik menggunakan Chi Square derajat kemaknaan (p value< α 0,05). Hasil penelitian didapatkan penggunaan Smartphonepada kelas VII dan VIII berada pada kategori tinggi sebanyak 34orang (56.7%). Konsentrasi belajar pada kelas VII dan VIII berada pada kategori tinggi yaitu 31 (51.7%). Kesimpulan penelitian ini ,terdapat hubungan yang bermakna antara penggunaan smartphone dengan konsentrasi belajar siswa di SMP N 2 Enam Ligkung tahun 2023. Penelitian ini diharapakan menjadi bahan acuan bagi institusi mengenai dampak penggunaan smartphone dengan konsentrasi belajar, sehingga perlua diawasi lebih ketat untuk masa depan generasi yang akan datang.Kata Kunci : Penggunaan Smartphone, Konsentrasi Belajar, Siswa SMP
Copyrights © 2023