Menara Ilmu
Vol 17, No 2 (2023): Vol 17 No. 02 OKTOBER 2023

Pengaruh Customer Service Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Menabung Pada Bank Nagari Cabang Koto Baru Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022

Dara Rindiani Fami (Unknown)
Eka Ermawati (Unknown)
Mayroza Wiska (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2023

Abstract

Dari latar belakang masalah 1. Bagaimana pengaruh customer service terhadap loyalitas nasabah menabung pada Bank Nagari Cabang Koto Baru kabupaten Dharmasraya tahun 2022 yang menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan hasil penelitian Variabel X1 berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah. Hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (8,625 > 1,97) dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpukan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.2.Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas nasabah menabung pada Bank Nagari Cabang Koto Baru kabupaten Dharmasraya tahun 2022, dengan hasil penelitian Variabel X2 berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah. Hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (3,445 > 1,97) dengan tingkat signifikan sebesar 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H2 diterima dan H0 ditolak.3. Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas nasabah menabung pada Bank Nagari Cabang Koto Baru kabupaten Dharmasraya tahun 2022, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai f hitung sebesar 100,288 dengan nilai sig. 0,000. Hasil diatas menunjukkan bahwa f hitung > f tabel yaitu 100,288 > 1,97 dengan nilai sig. f 0,000 < 0,05. Maka H3 diterima, karena terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X1, X2 yang secara bersamaan mempengaruhi loyalitas nasabah Y. Maka dari data hasil pengujian mengenai pengaruh customer service dan kualitas produk terhadap loyalitas nasabah menabung pada Bank Nagari Cabang Koto Baru kabupaten Dharmasraya tahun 2022 dapat diambil kesimpulan bahwa antara variabel customer service dan kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Pastikan pelayanan kepada nasabah dilakukan dengan baik dan responsif. Evaluasi produk dan layanan yang ditawarkan oleh bank dan identifikasi peluang untuk mengembangkan atau memperluas portofolio produk. Pertimbangkan kebutuhan dan preferensi nasabah serta tren pasar saat mengembangkan produk baru.Kata Kunci: customer service, kualitas produk, loyalitas

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...