Oxygenius Journal Of Chemistry Education
Vol 5 No 1 (2023): Oxygenius : Journal of Chemistry Education

Penerapan Belajar Bermakna Dengan Strategi Writing to Learn Pada Materi Korosi di SMA Negeri 2 Langowan

Natalia Dalipang (Unknown)
Wilson A. R. Rombang (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan belajar bermakna dengan strategi writing to learn dan mengetahui komponen writing to learn yang mendukung pembelajaran kimia pada materi korosi di SMA Negeri 2 Langowan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XII MIPA 1. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaa penerapan belajar bermakna dengan strategi writing to learn siswa dapat menemukan makna dan mengembangkan pengetahuan konsep dengan melihat keterkaitan antar konsep korosi melalui tugas writing to learn berdasarkan hasil pengamatan percobaan konsep korosi. Komponen writing to learn yang mendukung pembelajaran konsep korosi siswa seperti topik, genre, tujuan tulisan, audiens, dan metode produksi tulisan. Adapun faktor penghambat seperti waktu pengamatan dan perbedaan pendapat dalam kelompok diskusi. Untuk mengatasinya siswa berdiskusi dan meminta arahan dari guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan belajar bermakna dengan strategi writing to learn pada materi korosi menunujukkan bahwa siswa lebih cepat memahami dan menguasai konsep korosi melalui tugas menulis writing to learn.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

oxygenius

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Oxygenius Journal Of Chemistry Education is an Indonesian Journal of Chemistry Education presented by the Educational Chemistry Department, Universitas Negeri Manado. The Articles journal published in Oxygenius Journal Of Chemistry Education is free of plagiarism and has never been published by ...