MURHUM : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol. 4 No. 2 (2023): Desember

Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Inklusi

Izzah, Nurul (Unknown)
Setianti , Yanti (Unknown)
Tiara, Olga (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan sekolah ramah anak yang kondusif di sekolah inklusi, serta bagaimana kepala sekolah menerapkan sistem yang diberlakukan kepada guru, siswa, dan orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif yang memungkinkan peneliti untuk menggambarkan realitas sosial melalui pengamatan dan wawancara dengan ketua Yayasan, kepala sekolah, guru dan orangtua siswa di Rumah Sekolah Cendekia. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memahami peran kepemimpinan kepala sekolah di sekolah inklusi yang terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Dalam penelitian ini, data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian artikel ilmiah ini menunjukan bahwa Kepala sekolah memiliki peranan penting dalam mengambil keputusan dalam meningkatkan kualitas sekolahnya. Keberhasilan sekolah dapat terlihat dari sikap dan keputusan kepala sekolah, salah satunya dalam mendidik tenaga pengajar, menyusun system dan model pembelajaran di sekolah yang dapat menciptakan sekolah ramah anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

murhum

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Nama Jurnal : Murhum : jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Website : https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum Publisher : PPJ PAUD Koordinator Sulawesi Terbit : 2 issues per Tahun Juli dan Desember Murhum : jurnal Pendidikan Anak Usia Dini merupakan jurnal yang menerbitkan artikel Hasil penelitian ...