cover
Contact Name
LA ODE ANHUSADAR
Contact Email
murhumjpaud@gmail.com
Phone
+6285241858344
Journal Mail Official
sadar.wanchines@gmail.com
Editorial Address
BTN BARUGA SARANANI LESTARI BLOK D2 NO.15 KOTA KENDARI PROVINSI SULAWESI TENGGARA
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
MURHUM : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
ISSN : -     EISSN : 27236390     DOI : 10.37985/murhum
Core Subject : Education,
Nama Jurnal : Murhum : jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Website : https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum Publisher : PPJ PAUD Koordinator Sulawesi Terbit : 2 issues per Tahun Juli dan Desember Murhum : jurnal Pendidikan Anak Usia Dini merupakan jurnal yang menerbitkan artikel Hasil penelitian dan Pengabdian tentang Konsep keilmuan PAUD dibangun dari interdisiplin ilmu yang merupakan gabungan dari beberapa disiplin ilmu, diantaranya: 1. Psikologi Anak Usia Dini. 2. Fisiologi Anak Usia Dini. 3. Sosiologi Anak Usia Dini. 4. Ilmu pendidikan Anak Usia Dini. 5. Antropologi Anak Usia Dini. 6. Humaniora 7. Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini. 8. Neuro Sains atau ilmu tentang perkembangan otak Anak Usia Dini.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 106 Documents
Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Perang Timbung Wely Dozan; Laily Fitriani
Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Juli
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal (PPJ) PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/murhum.v1i1.2

Abstract

Salah satu tradisi yang sangat mengakar dalam perspektif masyarakat suku sasak yaitu tradisi perang timbung sebagai salah satu pembentukan nilai-nilai solidaritas mulai sejak dewasa, remaja, bahkan sampai anak-anak. Tradisi perang timbung merupakan tradisi yang lahir secara turun temurun dari nenek moyang terdahulu untuk dilakukan sebagai kegiatan masyarakat untuk mewujudkan persatuan dan persaudaraan mulai dari para kyai, tokoh-tokoh agama, dan sekaligus semua masyarakat khususnya di Desa Pejanggik. Tulisan ini, berusaha untuk mengungkapkan nilai-nilai keIslaman yang terkandung pada anak-anak usia dini sekaligus menelaah karakteristik ketika kegiatan terus menerus dilakukan melalui berbagai ritual-ritual. Fokus Penelitian ini bertujuan untuk membahas beberapa pertanyaan mendasar: Pertama, mengapa tradisi Perang Timbung mampu membangun karakteristik anak khususnya di Anak Usia Dini. Kedua, bagaimana masyarakat Desa Pejanggik dalam melaksanakan tradisi perang timbung dapat membangun nilai-nilai keIslaman yang relevan dalam konteks kekinan. Tulisan ini berangkat dari sebuah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif dimana data-datanya diperoleh dari wawancara dan analisis literasi yang dilakukan secara mendalam di lokasi penelitian tersebut.
Deskripsi Status Gizi Anak Usia 3 Sampai 5 Tahun Pada Masa Covid-19 Aris Amirullah; Aris Try Andreas Putra; Aris Armeth Daud Al Kahar
Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Juli
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal (PPJ) PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/murhum.v1i1.3

Abstract

Pola makan merupakan suatu kegiatan dalam pengaturan jumlah dan jenis makanan dengan deskripsi informasi meliputi mempertahankan kesehatan, status nutrisi, mencegah atau membantu kesembuhan penyakit. Data di Sulawesi Utara untuk 2013 menunjukkan prevalensi status gizi BB/TB<-2SD tahun 2013 adalah 10%. Kabupaten bolaang mongondow timur berdasarkan data jumlah penderita gizi buruk setiap tahun mengalami penurunan. Pada tahun 2017 kasus gizi buruk di Boltim berjumlah 2 orang. Pada tahun 2018 kasus bertambah tiga orang, sedangkan 2019 turun menjadi satu orang. Biasanya penyakit ini menyerang anak-anak berumur 0-59 bulan. ada upaya perhatian pemerintah terkait dengan penanganan gizi buruk hingga angka peningkatan gizi balita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey termaksud dalam penelitian Deskriptif. Penelitian ini di laksanakan di PAUD/TK Ekasari Buyat I. Waktu penelitian bulan Februari Sampai Mei 2020. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 orang.Gambaran status Gizi anak gizi anak usia 3 sampai 5 tahun pada masa covid di PAUD/TK Ekasari Buyat I Kabupaten Bolaang Mongondow Timur adalah berada padabatas normal. Pengetahuan orang tua tentang gizi gizi anak usia 3 sampai 5 tahun pada masa covid di PAUD/TK Ekasari Buyat I Kabupaten Bolaang Mongondow Timur sebagian besar dalam keadaan baik.
Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19 Kristiana Maryani
Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Juli
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal (PPJ) PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/murhum.v1i1.4

Abstract

Penilaian dan pelaporan perkembangan anak sangat penting dilakukan oleh guru, karena melalui penilaian dan pelaporan dapat mengetahui sejauhmana anak sudah mencapai perkembangan yang harus dimilikinya. Penilaian dan pelaporan perkembangan dilakukan guru sejak anak tiba di sekolah sampai anak pulang ke rumah. Guru melakukan penilaian perkembangan dengan melakukan pengamatan/observasi terhadap tingkah laku, ucapan, mimik wajah, dan kegiatan selama di sekolah dengan menggunakan berbagai macam teknik penilaian. Namun kendala saat pandemi covid 19, pembelajaran dilakukan dari rumah sehingga guru mengalami kesulitan untuk melakukan penilaian dan pelaporan perkembangan anak. Guru mengalami kesulitan bagaimana cara melakukan penilaian dan pelaporan perkembangan anak sesuai dengan kompetensi atau karakteristik yang dimiliki anak dikarenakan kurang kerjasamanya orang tua dalam memberikan stimulasi perkembangan di rumah dan melaporkan kegiatan anak-anak selama di rumah. Oleh karena itu diperlukan wawasan pengetahuan mengenai bagaimana melakukan penilaian dan pelaporan perkembangan anak saat pembelajaran dilakukan di rumah melalui kegiatan seminar online bersama. Kesimpulan dari kegiatan seminar online tersebut para guru memiliki alternative dalam melakukan penilaian dan pelaporan perkembangan anak serta bagaimana bekerjasama dengan orang tua dalam melakukan laporan kegiatan anak yang dilakukan selama di rumah serta rencana pemberian kegiatan dan media online yang mendukung dalam pembelajaran selama di rumah.  
Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong Rizki Wahyuni; Erdiyanti Erdiyanti
Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Juli
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal (PPJ) PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/murhum.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian perkembangan motorik halus anak di kelas B Kelompok Bermain Nur’Ain Mola Selatan Kabupaten Wakatobi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan penilaian. Sedangkan model yang dipilih untuk melakukan tindakan yaitu siklus model Kemmis dan  Mc Taggart yang memiliki empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data perkembangan motorik halus anak diperoleh melalui observasi dan dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan presentase. Penelitian dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa finger painting menggunakan tepung singkong dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak kelas B KB Nur’ain Mola Selatan Kabupaten Wakatobi. Hal ini dapat dilihat hasil observasi yang menunjukkan bahwa perkembangan motorik halus anak mengalami perubahan yang sangat baik. Pada pra siklus atau sebelum dilakukan tindakan penelitian anak yang dikatakan tuntas mencapai 23,07%, pada  siklus I anak yang tuntas mencapai 61,53% dan pada siklus II anak yang tuntas mencapai 84,61%. Hal ini menunjukkan peningkatan dari penelitian awal sampai siklus II keterampilan motorik halus semakin meningkat dan dapat dikatakan berhasil karena telah sesuai dengan indikator tingkat pencapaian yakni 75%.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Menggunakan Media Kartu Gambar Leli Fertiliana Dea; Agus Setiawan; Lina Asmiyati
Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Juli
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal (PPJ) PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/murhum.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kemampuan bahasa pada anak usia 4-5 tahun di Raudlatul Athfal Al-Furqon Totokaton Punggur masih rendah, hal ini disebabkan latar belakang pendekatan pembelajaran kurang menarik, pemilihan metode pembelajaran bahasa yang kurang tepat, serta penyampaiannya yang kurang variatif dalam pembelajaran bahasa pada Anak Usia Dini. Guru juga kurang mengajarkan komponen bahasa secara menyeluruh. Hal ini berakibat pada nilai anak. Tujuan dari penelitian ini adalah kemampuan bahasa melalui metode bernyanyi menggunakan media kartu gambar pada anak usia 4-5 tahun di Raudlatul Athfal Al-Furqon Totokaton Punggur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Classroom Research). Subjek penelitian ini yatiu 17 peserta didik usia 4-5 tahun di RA Al-Furqon Totokaton. Setelah peneliti melakukan penelitian, dan analisis data, peneliti mendapatkan data bahwa tidak ada anak dengan nilai bahasa BB (Belum Berkembang), 9 anak dengan penilaian bahasa MB (Mulai Berkembang atau sebesar 53% dari jumlah anak, 4 anak dengan penilaian BSH (Berkembang Sesuai Harapan atau sebesar 23,5% dari jumlah anak, dan 4 anak dengan penilaian bahasa BSB (Berkembang Sangat bagus) atau sebesar 23,5% dari jumlah anak. Dapat disimpulkan bahwa melalui metode bernyanyi menggunakan media kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini di Raudlatul Athfal Al-Furqon Totokaton Punggur tahun ajaran 2018/2019.
Evaluasi Seminar Nasional Online, Program Bermain Bersama Anak Selama Masa Pandemi Covid 19 Diah Andika Sari Jasmidalis; Tiara Astari; Ika Yulianingsih; Nova Nur Cahyanti; Siti Sarah
Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Juli
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal (PPJ) PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/murhum.v1i1.7

Abstract

ABSTRAK. Tidak ada yang menduga dan siap menghadapi pandemi covid-19. Sejak diberlakukannya  pembatasan sosial berskala besar (PSBB) oleh pemerintah pada 16 Maret 2020,  semua kegiatan belajar, bekerja dan beribadah dilakukan dirumah saja. Para ibu bekerja harus bekerja sekaligus mengajar anaknya selama dirumah saja. Ibu berfungsi ganda menjadi ibu guru bagi anaknya dirumah. Seminar on line ini diadakan untuk  memberikan panduan kepada para ibu, untuk melakukan kegiatan bermain bersama anaknya selama dirumah saja. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengevaluasi apakah seminar tentang Program bermain bersama anak selama dirumah saja  berdampak positif terhadap  peserta dan juga lembaga penyelenggara. Metoda evaluasi yang digunakan adalah  metode penelitian evaluasi dari Kickpatrick. Ada 4 level metode evaluasi Kirckpatrick, yaitu level 1. reaksi, level 2. Belajar, level 3 perilaku, dan level 4 dampak. Penelitian  evaluasi hasil  penyelenggaraan seminar nasional secara on line ini dilakukan pada  level 1 dan level 2.  Dari hasil penelitian  didapatkan bahwa reaksi peserta terhadap pelaksanaan seminar on line tentang program bermain bersama anak selama masa pandemi covid-19 ini sangat positif.  Sedangkan  pada level 2, dari hasil  perbandingan pre test dan post test  terhadap materi  seminar didapatkan peningkatan pengetahuan para peserta  tentang  bermain bersama anak dirumah.  
Transformasi Nilai Pendidikan Islam Anak di PAUD Sultan Qaimuddin Kendari Pada Masa Pandemic Covid 19 Aris Try Andreas Putra; Sufiani Sufiani; Jahada Jahada
Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Juli
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal (PPJ) PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/murhum.v1i1.8

Abstract

Pandemi Covid 19 merupakan sebuah masa dimana lembaga pendidikan termasuk PAUD melakukan penyesuaian terhadap kegiatan pembelajaran. Misalnya semula kegiatan pembelajaran dilakukan di sekolah, kini dilakuan di rumah. Semula kegiatan pembelajaran dilakukan melalui tatap muka, kini dilakukan tatap maya. Semula kegiatan pembelajaran dimediasi oleh guru, kini dimediasi oleh orang tua. Transformasi nilai pendidikan Islam secara sistematis yang semulanya dirancang oleh guru disekolah, kini dilakukan bersama-sama orang tua di rumah. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis transformasi nilai pendidikan Islam anak di PAUD Sultan Qaimuddin Kendari pada masa pandemi Covid 19. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan deskriptif analitis. Lokus penelitian ini di PAUD Sultan Qaimuddin Kendari, yang dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juli 2020, dengan informan yaitu kepala sekolah, guru, dan orang tua. Hasil penelitian mengungkapkan 1) kegiatan transformasi nilai pendidikan Islam anak masih dilakukan dimasa pandemi covid 19, walaupun tidak semua nilai agama ditanamkan pada anak. 2) Proses transformasi nilai pendidikan Islam anak dilakukan oleh guru bersama orang tua melalui komunikasi online (whatsapp) mengalami hambatan, tidak seperti aktifitas tatap muka. 3) Nilai pendidikan Islam yang ditrasformasikan pada anak adalah nilai akidah, nilai akhlak dan nilai amaliyah.  
Pelaksanaan Program Pemberian Makanan Sehat Anak Usia Dini : Studi Evaluasi Program CIPP Dea Ismi Yeni; Heny Wulandari; Eti Hadiati
Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Desember
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal (PPJ) PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/murhum.v1i2.9

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi contexs, input, process dan  product program pemberian makanan sehat di TK Negeri Pembina Tanggamus. Penelitian ini adalah jenis penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, pada penelitian ini menggunakan model evaluasi teori Stufflebeam yaitu CIPP (Context, Input, Process, Product). Data didapat dengan cara  wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi, dan diverifikasi dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: hasil evaluasi dari Context program pemberian makanan sehat menunjukkan bahwa program memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas. Hasil evaluasi input program pemberian makanan sehat diketahui bahwa sekolah dan pemerintah memiliki peran yang baik dalam berjalannya program ini. Hasil evaluasi process program pemberian makanan sehat menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pemberian makanan berjalan sesuai dengan proser yang telah disediakan oleh puskesmas dan yang menjadi kendala adalah kurangnya kerja sama orang tua dalam memberikan makanan sehat kepada anak pada saat anak dirumah. Hasil evaluasi product /hasil  program pemberian makanan sehat menunjukan bahwa pencapaian target berat badan anak sesuai dengan usia nya dan anak tidak ada yang mengalami gizi buruk atau stunting.
Kemandirian Anak Usia Dini dengan Penggunaan Media Film Animasi “Nussa dan Rara” Euis Lisefti Fatimah; Yuyun Yulianingsih; Syam’iyah
Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Desember
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal (PPJ) PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/murhum.v1i2.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan media film animasi “Nussa dan Rara” dengan kemandirian anak usia dini di RA Mubarokah Firrizqi Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Data didapat dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara mengumpulkan data yang bersifat kuantitatif dengan skala penilaian yang telah ditentukan, menghitung tingkat hubungan, dan diinterpretasikan melalui kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif antara kemandirian anak usia dini dengan aktivitas anak pada penggunaan media film animasi “Nussa dan Rara”.
Sosialisasi Pengaruh Stunting Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini Rr Deni Widjayatri; Yulianti Fitriani; Budhi Tristyanto
Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Desember
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal (PPJ) PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/murhum.v1i2.11

Abstract

Praktik membuat menu bekal bergizi untuk Anak Usia Dini (AUD) dan memberikan pemahaman taktis kepada orangtua mengenai stunting dan dampak yang diakibatkannya menjadi fokus utama yang dibahas dalam tulisan ini. Stunting merupakan dampak gizi buruk yang menyebabkan tidak optimalnya pertumbuhan dan perkembangan anak. Tujuan pengabdian ini adalah pencegahan stuntung dapat dilakukan sejak bayi dalam kandungan dan ketika anak memasuki usia pra sekolah dengan cara memberikan asupan gizi yang seimbang. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang dibiayai oleh Program Studi PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Serang (KS) hasil kegiatan berupa sosialisasi materi terkait stunting dengan metode learning by doing. Sementara penulisan artikel dikemas dengan metode deskriptif dengan gaya narasi berupa gambaran kegiatan yang dilakukan selama proses PKM berlangsung. Peserta sosialisasi merupakan orangtua (Ibu) dan peserta didik TK Labshool UPI KS yang bersedia dilibatkan dalam proses pengabdian secara tatap muka, terbatas dan memaksimalkan penerapan protokol kesehatan karena pengabdian ini dilaksanakan di masa pandemi covid-19. Ruang lingkup kegiatan meliputi sosialisasi pengetahuan teoretis bagi Ibu, pengukuran tinggi dan berat badan anak serta kolaborasi peserta (Ibu dan anak) dalam menyusun menu makanan dengan gizi lengkap dan seimbang. Salah satu target luaran yang dihasilkan dari PKM ini yaitu buku saku menu bekal murah sehat bergizi, maka dapat direkomendasikan kepada orang tua maupun guru agar dapat menggunakannya sebagai alternatif acuan dalam menyediakan bekal bergizi bagi anak

Page 1 of 11 | Total Record : 106