Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)
Vol. 5 No. 2 (2023): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review

Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Konveksi Maufex Makassar

Fachrul Huzair (Universitas Logistik Dan Bisnis Internasional Bandung)



Article Info

Publish Date
02 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Konveksi Maufex Makassar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan/customer konveksi Maufex yang telah menggunakan jasa konveksi Maufex yang jumlahnya 325 pelanggan, yang berasal dari konsumen perorangan, instansi pemerintah maupun perusahaan/CV. Mengingat populasi tidak dapat ditentukan secara tepat maka untuk menentukan jumlah sampel ditentukan dengan rumus Lemeshow. Sampel yang diteliti adalah sebesar 96,06 responden dibulatkan 100 responden. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan oleh peneliti yaitu dengan melakukan pengamatan, observasi, wawancara serta pengambilan kuesioner terhadap konsumen selama berada di Perusahaan. Adapun pengujian asumsi klasik yang dilakukan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Untuk mengetahui sebuah kebenaran suatu hipotesis, maka harus terlebih dahulu memenuhi uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka dihasilkan yaitu Kualitas produk (X1) tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada Sablon Konveksi Sablon Baju Maufex Makassar dikarenakan tinggi rendahnya kepuasan pelanggan lebih didominasi oleh faktor-faktor lain seperti kualitas layanan yang baik, pelayanan costumer service yang cepat dan tanggap, serta harga promosi yang lebih murah. Kualitas layanan (X2) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada Sablon Konveksi Sablon Baju Maufex Makassar. Pelayanan yang cepat, tanggap, dan juga tepat akan meningkatkan emosional pelanggan kearah yang lebih baik sehingga berdampak baik pada kepuasan pelanggan. Secara simultan kualitas produk (X1) dan kualitas layanan (X2) secara bersama-sama telah mampu menjelaskan hubungan variasi variabel kepuasan pelanggan (Y) dengan baik. Kata Kunci : Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

manor

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

Fokus dan ruang lingkup MANOR: Jurnal Manajemen dan Organisasi Review adalah: 1. Manajemen Sumber Daya Manusia 2. Manajemen Pemasaran 3. Manajemen Keuangan 4. Manajemen Operasional 5. Manajemen ...