cover
Contact Name
Ilham Safar
Contact Email
ilhamsafar25@gmail.com
Phone
+6281340202750
Journal Mail Official
manorunifa@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof Abdurahman Basalamah No. 101
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Manor: Jurnal Manajemen dan Organisasi Review
Published by Universitas Fajar
ISSN : 26570130     EISSN : 2716148X     DOI : 10.47354
Core Subject : Economy, Humanities,
Fokus dan ruang lingkup MANOR: Jurnal Manajemen dan Organisasi Review adalah: 1. Manajemen Sumber Daya Manusia 2. Manajemen Pemasaran 3. Manajemen Keuangan 4. Manajemen Operasional 5. Manajemen Bisnis
Articles 88 Documents
TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA KARTU KUOTA 3 (THREE) DI KOTA MAKASSAR St Rukaiyah
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 1 No. 1 (2019): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya. Seorang pelanggan, jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, sangat besar kemungkinannya menjadi pelanggan dalam waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan mengetahui analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap pengguna kartu kuota Three (3) yang terdapat di Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini melalui data yang telah diperoleh dari wawancara dengan menggunakan 14 pertanyaan kepada 20 informan yang menggunakan kartu kuota Three di Kota Makassar, dengan tempat yang berbeda yaitu Timur,Barat, Selatan dan Utara, untuk melihat seberapa besar respon dari ke 4 arah tersebut terhadap pengguna kartu kuota Three (3). Kemudian penulis menyatukan data wawancara yang telah dikumpulkan hasil jawaban beberapa informan mengenai kepuasan pengguna kartu kuota Three (3) di Kota Makassar. Kata Kunci: Kepuasan Konsumen dan Pengguna Kartu Kuota Three
PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CATATAN SIPIL KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG Mujahid Mujahid; Paradiba Hekza Nugraha
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 2 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v2i2.245

Abstract

Abstract Broadly speaking, this study aims to determine the effect of intrinsic and extrinsic motivation on employee performance at the Office of Civil Registry Office of the Regency. Sidenreng Rappang. This type of research in this thesis is quantitative research. The sample in this study were employees of the Civil Registry Office of Kab. Sidenreng Rappang, amounting to 32 people. Data analysis was performed using quantitative methods. Based on the results of the partial test (t test) for the effect of X1 on Y is 0.840> 0.05 and the t-test value is -0.204 <t table 1.693 and for the effect of X2 on Y is 0.006 <0.05 and the t-value of 2.969. So that X1 has no effect on Y and X2 has an effect on Y. Keyword: Intrinsic Motivation, Extrinsic Motivation, Employee Performance Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi instrinsik dan ekstrinsik terhadap kinerja pegawai pada Kantor Dinas Catatan Sipil Kab. Sidenreng Rappang. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah Pegawai Kantor Dinas Catatan Sipil Kab. Sidenreng Rappang yang berjumlah 32 orang. Analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil uji parsial (uji t) untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,840 > 0,05 dan nilai t hitung -0,204 < t tabel 1,693 dan untuk pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 0,006 < 0,05 dan nilai t hitung 2,969. Sehingga X1 tidak terdapat pengaruh terhadap Y dan X2 terdapat pengaruh terhadap Y. Kata Kunci: Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Kinerja Pegawai
RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN SEKTOR JASA TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Muliana Muliana; Usfiah Hamzah Siga
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 1 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas dan solvabilitas terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor Jasa Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan selama periode 2014 – 2018. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 8 (delapan) perusahaan. Adapun variabel penelitian yang terdiri dari variabel independen yaitu Current Ratio (CR), Quick Ratio (QR), Debt to Assets Ratio (DAR), dan Debt to Equity Ratio (DER) dan variabel dependen yaitu Return On Assets (ROA). Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Current Ratio (CR), Quick Ratio (QR), Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh positif terhadap ROA. Sedangkan, Debt to asset ratio (DAR) berpengaruh positif dan signifikan terhdap ROA. Secara simultan, CR, QR, DAR dan DER berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA. Kata Kunci : Rasio Keuangan, Perusahaan Sektor Jasa Komunikasi, Bursa Efek Indonesia
PENGARUH PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI PERKOTAAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KOTA MAKASSAR Musyawarah Hamdy
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 1 No. 2 (2019): JURNAL Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan bidang infrastruktur, bidang ekonomi dan bidang sosial terhadap kesejahteraan masyarakat di kota Makassar.Untuk mengaplikasikan tujuan tersebut maka dilakukan penyebaran kuesioner, dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa PNPM Mandiri Perkotaan bidang infrastruktur berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat di kota Makassar. PNPM Mandiri Perkotaan bidang ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat di kota Makassar. PNPM Mandiri Perkotaan bidang sosial memberikan pengaruh yang bermakna dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kota Makassar. Kata kunci : PNPM Mandiri bidang infrastruktur, ekonomi, sosial dan kesejahteraan Masyarakat
PENGARUH CAR, NPL, BOPO, DAN LDR TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA BANK YANG LISTED DI BURSA EFEK INDONESIA Dwi Rizky Puspa
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 1 No. 1 (2019): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mengetahui Capital Adequacy Ratio (CAR), berpengaruh terhadap Pertumbuhan Laba Bank yang listed di Bursa Efek Indonesia.2) mengetahui Non Performing Loan (NPL), berpengaruh terhadap Pertumbuhan Laba Bank yang listed di Bursa Efek Indonesia.3) Untuk mengetahui Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh terhadap Pertumbuhan Laba Bank yang listed di Bursa Efek Indonesia.4) Untuk mengetahui Loan To Deposit Ratio (LDR) berpengaruh terhadap Pertumbuhan Laba Bank yang listed di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian adalah beberapa perusahaan bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 – 2016 .Sampel yang diambil sebanyak 7 Bank Umum yang terfadtar di BEI.Metode analisis yang digunakan adalah analisis data menggunakan Uji Statistik, Asumsi Klasik dan regresi linear berganda dengan menggunakan program software Statistical Product and Service Solution (SPSS) 21.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Laba, (2) Non Performing Loan(NPL) berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Laba, (3) Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh Positif dan signifikan terhadapPertumbuhan Laba, (4) Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh Negatif dan signifikan terhadapPertumbuhan Laba pada bank yang listed di Bursa Efek Indonesia. Kata kunci: CAR, NPL, BOPO, LDR, Dan Pertumbuhan Laba.
PERAN ADVERTISING STRATEGY, BRAND IMAGE, DAN DIFFERENTIATION TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI KOTA MAKASSAR Nasyirah Nurdin; Mujahid Mujahid; Sri Adrianti Muin
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 1 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana pengaruh advertising strategy, pengaruh brand image, dan pengaruh differentiation terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode yang bersifat kuantitatif deskriptif dan lokasi penelitian di Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Adapun variabel penelitian yang terdiri dari variabel independent (X) yaitu advertising strategy (X1), brand image (X2), Differentiation (X3) dan variabel dependen (Y). Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji hipotesis yang terdiri dari Uji t dan Uji F. Berdasarkan Hasil Pada uji t, advertising strategy tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan mahasiswa ditunjukkan dengan nilai thitung lebih kecil dari ttabel atau 0,239 < 1,984 dengan nilai signifikasi 0,811 > 0,05 dan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 3,284 > 1,984 dengan nilai siginifikasi 0,001 < 0,05 sedangkan differentiation berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 3,381 > 1,984 dengan nilai signifikasi 0,001 < 0,05. Pada Uji F terbukti bahwa advertising strategy, brand image dan differentiation berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta di Kota Makassar, ditunjukkan dengan nilai Fhitung 49,168 > Ftabel 2,70 dan nilai signifikasi <0,05. Kata kunci: advertising strategy, brand image, differentiation, keputusan mahasiswa
ANALISIS NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN TAMBANG BATU BARA YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2016-2018 Syamsul Riyadi; Dinar Dinar; Hendra Setiawan
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 1 No. 2 (2019): JURNAL Manajemen dan Organisasi Review (MANOR)
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai perusahaan pada perusahaan tambang batu bara yang terdaftar di indeks saham syariah indonesia. Dalam penelitian ini alat ukur yang digunkan untuk mengetahui nilai perusahaan yaitu menggunakan rasio Tobins’Q. Penelitian ini menggunakan sampel dari perusahaan tambang batu bara yang terdaftar di indeks saham syariah indonesia (ISSI) tahun 2016 hingga 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perusahaan yang mendapatkan nilai perusahaan diatas 1 yang berarti bahwa nilai pasar perusahaan lebih tinggi dibanding nilai buku asetnya yang mengindikasikan bahwa perusahaan memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi sehingga nilai perusahaan lebih sekedar nilai asetnya (overvalued). Kata Kunci : Nilai perusahaan, Indeks saham syariah indonesia, Tobins’Q
IMPLEMENTASI PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) BIRO UTAMA KUBE SEJAHTERA 036 KELURAHAN MACCINI GUSUNG Sri Adrianti Muin; Nurjannah Jabbar
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 1 No. 1 (2019): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip syariah produk pembiayaan Murabahah di BMT Kube Sejahtera 036 Kelurahan Maccini Gusung. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan mencoba untuk mengungkapkan penerapan prinsip syariah dalam produk pembiayaan murabahan, dengan mengambil informan dari pimpinan serta nasabah dari BMT Kube Sejahtera 036 melalui pengumpulan data dan informasi berdasarkan hasil wawancara, studi kepustakaan dan studi lapangan untuk memperkuat keabsahan data. Kehadiran peneliti merupakan instrument utama dalam penelitian ini. Untuk mengetaui Validitas dan Realibilitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dan bahan referensi. Pengecekan validitas temuan dengan menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti dilapangan. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan prinsip syariah dalam pembiayaan Murabahan di BMT Kube Sejahtera 036 telah sesuai dengan rukun-rukun serta syarat akad pembiyaan murabahah. Kata Kunci : Pembiayaan Murabahah, prinsip-prinsip syariah.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA BERORGANISASI Putri Bayina Rahma Nurdi; Syutri Laikuallo; Alifia Meiliska
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 2 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47354/mjo.v2i2.246

Abstract

Abstract Students are intellectual human being who will become the next successor of the nation in the future. Together in student organizations is a learning tool for every student to be able to develop intellectual abilities. In three consecutive years, the management student association experienced a significant increase in the organization, the increase in students who were actively involved in the student organization, especially the management study program, indicated that the management student association set a great goals so students chose to be involved in the organization. Based on research conducted on students who are active in the management association organization Fajar University of Makassar, from the results of in-depth interviews conducted, researchers found 5 reasons that influence students actively organizing, namely interesting activities, motivation from seniors, new friends, communication skills and work experience. Keywords: Student, Organization, Interest Abstrak Mahasiswa merupakan insan intelektual yang akan menjadi generasi penerus bangsa di masa depan.berhimpun dalam organisasi kemahasiswaan merupakan sarana belajar bagi setiap mahasiswa untuk bisa mengembangkan kemampuan intelektual. Dalam tiga tahun berturut-turut himpunan mahasiswa manajemen mengalami peningkatan signifikan dalam berorganisasi, meningkatnya mahasiswa yang ikut terlibat aktif dalam himpunan organisasi mahasiswa khususnya prodi manajemen menandakan bahwa himpunan mahasiswa manajemen mempunyai tujuan yang baik sehingga mahasiswa memilih untuk ikut terlibat dalam organisasi tersebut. Bersadarkan penelitian yang di lakukan pada mahasiswa yang aktif dalam organisasi himpunan manajemen Universitas Fajar Makassar. Dari hasil wawancara mendalam yang di lakukan, peneliti menemukan 5 alasan yang mempengaruhi mahasiswa aktif berorganisasi yaitu kegiatan menarik, motivasi dari senior, teman yang baru, kemampuan berkomunikasi dan pengalaman dunia kerja. Kata kunci: Mahasiswa, Organisasi, Minat
PENGARUH PENGAKUAN, INSENTIF, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PELABUHAN INDONESIA IV CABANG MAKASSAR Muhammad Shaleh Z; Yuliana Yuliana
JURNAL MANAJEMEN dan ORGANISASI REVIEW (MANOR) Vol. 2 No. 1 (2020): MANOR: JURNAL Manajemen dan Organisasi Review
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang dilakukan dengan judul “Pengaruh Pengakuan, Insentif, dan Lingkungan kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pelabuhan Indonesia IV Cabang Makassar”, Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Pengakuan, Insentif, dan Lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Pelabuhan Indonesia IV Cabang Makassar. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada 161 karyawan PT. Pelabuhan Indonesia IV Makassar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 22. Teknik sampling yang dipakai adalah metode sensus dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Uji analisis regresi liner berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan faktor pengakuan, insentif, dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan secara parsial yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan adalah faktor pengakuan. Kata Kunci: Pengakuan, Insentif, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan.