CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 2 No 3 (2023): EDISI : AGUSTUS

KETERAMPILAN GURU DALAM MENERAPKAN STRATEGI DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) DI KELAS III PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 SDN 1 PANJI LOR KECAMATAN PANJI KABUPATEN SITUBONDO T.H 2020/2021

Sugiarti Sugiarti (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)
heldie Bramantha (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)
Vidya Pratiwi (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2023

Abstract

iPendidikan isangat ierat ihubungannya idengan iminat ibelajar iyang di mana pendidikan itidak iakan iberjalan iapabila tidak terdapat iminat ibelajar idisetiap isiswa. iMinat ibelajar imemegang iperanan ipenting idalam ibelajar.Karena iminat ibelajar iini imerupakan isuatu ikekuatan imotivasi iyang menyebabkan iseseorang imemusatkanperhatian iterhadap iseseorang iatau ikegiatan itertentu.Minat idiartikan isebagaikecenderungan isubjek iyang imenetap iuntuk imerasa itertarik ipada ibidang istudi iatau ipokok ibahasan itertentu idan imerasa isenang imempelajari imateri itersebut.Dalam ipenelitian iini ipeneliti imengambil ijenis ipenelitian ideskriptif idengan ipendekatan ikualitatif.Lokasi iyang imenjadi itempat ipenelitian iyaitu iditempatkan idi iSDN i1 iWringin iAnom iDesa iWringin iAnom iKecamatan iJati iBanteng. iPeneliti imemilih itempat idi iSDN i1 iWringin iAnom i ikarena isesuai iobservasi iyang idilakukan ioleh ipeneliti imasih ibanyak imasalah-masalah ikurangnya iminat ibelajar isiswa ikhususnya ipada imasa ipandemi iCovid-19 iyang imengakibatkan isiswa iuntuk ibelajar idirumah iserta imengakibatkan isiswa iakan ilebih imalas iuntuk ibelajar ikhususnya ipada ipembelajara iMatematika.Berdasarkan ihasil ipenelitian iyang idi ilakukan idi iSD iNegeri i1 iWringin iAnom iKecamatan iJatibanteng itentang iMinat ibelajar iMatematika ipada imateri ikonsep ipecahan idi iera ipandemi iCovid-19 iyang idi ilakukan isecara idaring idan iluring, ipeneliti imelakukan iwawancara iterhadap iguru ikelas iyang isekaligus imenjadi iguru imatematika idi ikelas i4 iSD inegeri iwringin iAnom ikecamatan iJati iBanteng, iwawancara iyang idi iteliti itentang iminat ibelajar idi iantaranya: iIndikator iMinat iBelajar iMenurut iSlameto i(2010:180) ibeberapa iindikator iminat ibelajar iyaitu: i1) iperasaan isenang, i2) iketertarikan, i3) iperhatian, i4) iketerlibatan isiswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...