Ayam kampung (Gallus gallus domesticus) merupakan jenis unggas yang banyak digemari masyarakat karena rasanya yang unik dan banyak dijual di masyarakat. Di satu sisi permintaan cukup banyak namun di sisi lain peternak mengalami over supply sehingga harga yang diterima berfluktuasi yang berakibat pada berkurangnya minat untuk beternak ayam kampung, hal ini dialami oleh Wirnurauliah Berkah Farm. Permasalahan yang dijumpai dilakukan solusi pemecahannya melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui penyuluhan dengan mengambil topik bidang pemasaran. Tujuan dari kegiatan adalah memberi pemahaman kepada pengelola Wirnurauliah Berkah Farm dan mitranya untuk memahami konsep strategi pemasaran terintegrasi meliputi: perencanaan produksi, bauran pemasaran, standarisasi dan grading, pentingnya pengelolaan dan pengolahan pasca panen, promosi, pengembangan kelembagaan usaha, pengembangan wilayah pasar dan contract farming. Kegiatan penyuluhan dilanjutkan dengan praktik pengemasan dan pendampingan usaha. Kegiatan penyuluhan dilaksanakan oleh 9 orang dosen sebagai narasumber yang diikuti oleh 15 orang pengelola dan mitra. Melalui kegiatan penyuluhan ini peserta meningkat pengetahuannya sebesar 70% berdasarkan hasil pretest dan posttest. Target kegiatan ini selain meningkatnya pemahaman konsep pemasaran , keterampilan dan pengembangan produk baru guna menunjang keberlanjutan dan meningkatnya volume usaha
Copyrights © 2023