Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol 3 No 5 (2023): JPMI - Oktober 2023

Peningkatan Pengetahuan Kader dan Masyarakat tentang Perlunya Pencegahan Stunting pada Anak

Amelia Dewi (Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Tasikmalaya, Indonesia)
Rifki Alfi Fauzan (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Agnestasia Ramadhani Putri (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2023

Abstract

Permasalahan status gizi merupakan salah satu indikator yang dapat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia. Salah satu permasalahan kesehatan dan gizi di Indonesia yang mulai banyak diperbincangkan dalam dekade ini yaitu balita yang memiliki postur tubuh pendek (stunting). Tingginya angka stunting perlu diimbangi dengan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu hamil, dukungan keluarga dan kader posyandu dalam upaya pencegahan stunting sedini mungkin atau dalam 1000 hari pertama kehidupan anak. Namun, masih terdapat banyak miskonsepsi terkait stunting dan pencegahannya. Pemecahan masalah yang dapat dilakukan oleh tim KKN-T UPI Tasikmalaya yaitu dengan cara pendekatan Promosi Kesehatan. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah. Hasil dari kegiatan yang dilakukan pada Program yang dilakukan Oleh tim KKN-T Univesitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya berjalan dengan baik. Program yang dilakukan berupa Penyuluhan terkait pentingnya pencegahan Stunting pada balita dan pola asuh ibu dalam mengasuh Balita supaya terhindar dari Stunting. Peserta yang hadir sekitar 30 orang yang terdiri dari Para kader dan Ibu-ibu PKK perwakilan  setiap RW dari kelurahan Cigantang Kota Tasikmalaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu ...