Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-trust dan e-service quality terhadap e-satisfaction (studi pengguna official lazada indonesia di instagram). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling purposive dengan jumlah sampel sebanyak 349 responden. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Kemudian dilakukan beberapa tahap pengujian yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis korelasi berganda, regresi linier berganda, uji T dan uji F menggunakan alat analisis SPSS 24. Hasil dalam penelitian ini didapatkan bahwa e-trust dan e-service quality memiliki korelasi yang signifikan sebesar 0,721 yang berarti memiliki hubungan yang kuat. E-trust berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap e-satisfaction sebesar 0,582 atau 58,2%. Kemudian e-service quality berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap e-satisfaction sebesar 0,307 atau 30,7%, dan e-service quality berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap e-satisfaction sebesar 0,307 atau 30,7%. E-trust dan e-service quality secara simultan berpengaruh signifikan terhadap e-satisfaction sebesar 0,690 atau 69,0%. Kata Kunci: e-trust, e-service quality, e-satisfaction.
Copyrights © 2023