Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 11, No 2 (2023): July 2023

Pengembangan Kompetensi Abad 21 melalui Bahan Ajar Digital pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Tria Cahya Julisa (Unknown)
Wika Hardika Legiani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ronni Juwandi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Kehidupan di abad 21 ini dicirikan dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi terhadap berbagai sendi kehidupan yang mengharuskan untuk terciptanya sumber daya manusia yang dapat bersaing. Pada dunia pendidikan di abad 21 masalah yang kerap ditemukan ialah masih kurang tertanamnya kompetensi abad 21 pada diri siswa, siswa kurang berpikir kritis dan kreatif dalam mengerjakan tugas, kurang berani berkomunikasi didalam kelas, kurang berkolaborasi dalam tugas kelompok, dan masih kurang pemanfaatan teknologi digitalisasi dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukannya pembaharuan dari gaya belajar, konsep berpikir dalam menumbuhkan kreativitas, serta sistem pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menentukan kelayakan serta efektifitas bahan ajar digital dalam mengembangkan kompetensi abad 21. Metode yang digunakan menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa kualitas bahan ajar digital dalam mengembangkan kompetensi abad 21 termasuk kategori “Sangat Layak” 96,4% dari ahli materi, 90% dari ahli media, dan respon siswa terhadap efektivitas  pengembangan kompetensi abad 21 melalui bahan ajar digital pada uji coba terbatas 20 responden sebesar 82,2% dengan kategori “Sangat Baik” dan pada uji lapangan 30 responden sebesar 84,2% dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan ini disimpulkan pengembangan kompetensi abad 21 melalui bahan ajar digital pada pembelajaran PPKn layak dan efektif  untuk digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and ...