JRB-Jurnal Riset Bisnis
Vol 7 No 1 (2023): Oktober

PERAN ELEMEN LINGKUNGAN TOKO PADA PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DI KALANGAN PEMBELI WANITA

Ariesya Aprillia (Universitas Kristen Maranatha)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis peran elemen lingkungan toko berupa tata letak toko, suasana toko, dan karyawan toko terhadap perilaku pembelian impulsif di kalangan pembeli wanita di toko pakaian H&M Kota Bandung. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Konsumen wanita toko pakaian H&M di Kota Bandung yang bertransaksi dalam 24 bulan terakhir menjadi sampel dalam penelitian ini. Untuk menganalisis data digunakan regresi linear berganda dilengkapi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tata letak toko, suasana toko, dan karyawan toko secara simultan berpengaruh terhadap pembelian impulsif dan secara parsial hanya suasana toko yang berpengaruh terhadap pembelian impulsif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JRB-Jurnal Riset Bisnis diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pancasila sejak tahun 2017, merupakan Jurnal Manajemen dan Akuntansi yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu manajemen dan akuntansi terkini (konseptual) yang mencakup Keuangan, Pemasaran, SDM, ...