Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 12 No 5 (2023)

Implementasi TQM dalam Pendidikan Karakter di Asrama Manbaul Qur’an MAN Temanggung

Nur Budi Handayani (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Mahsun (Universitas Wahid Hasyim Semarang)
Nurodin Usman (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Imam Mawardi (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana implementasi Total Quality Management (TQM) dalam pendidikan karakter di Asrama Manbaul Qur’an MAN Temanggung; dan 2) apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat implementasi TQM dalam pendidikan karakter di Asrama Manbaul Qur’an MAN Temanggung. Studi lapangan ini bersifat kualitatif dengan pendekatan desktiptif. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dokumentasi dan triangulasi (gabungan). Analisa data menggunakan tahapan reduksi, penyajian dan simpulan (verifikasi). Hasil penelitian adalah Pertama, implementasi TQM dalam pendidikan karakter di Asrama Manbaul Qur’an MAN Temanggung terjadi dalam wujud 4 prinsip yakni standar mutu, perbaikan terus-menerus, perubahan kultur dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Kedua, implementasi TQM dalam pendidikan karakter di Asrama Manbaul Qur’an MAN Temanggung didukung oleh komitmen stakeholder, mutu input santri, dan dukungan lingkungan. Adapun kendalanya berupa keterbatasan sarana prasarana, stakeholder yang belum berperan maksimal, dan orang tua santri yang belum memahami aturan asrama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TADIBUNA

Publisher

Subject

Education

Description

Ta'dibuna : Jurnal Pendidikan Islam, ISSN: 2252-5793 (Print) 2622-7215 (Electronic) is a journal of Islamic education published twice a year (April-October) on Islamic education with the scope of study are fundamental of Islamic education (philosophy, history and the nature of Islamic education), ...