Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 12 No 5 (2023)

Pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran siswa di Sekolah Dasar Ta’miriyah Surabaya

Miftahul Alam Al Waro' (airlangga university)
Rifqi Minchatul 'Ulya (airlangga university)
Yuris Ahmadi Utomo (airlangga university)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2023

Abstract

This research aims to investigate the influence of self-efficacy and social support on the motivation to memorize the Quran among elementary school students at Ta'miriyah Surabaya. The hypothesis proposed in this study is that there is an influence of self-efficacy and social support on the motivation to memorize the Quran. The research sample consisted of 47 Ta'miriyah elementary school students in the specialized class, selected using the a priori power analysis simulation technique. The research instruments used the Self-Efficacy scale with reliability (α=0.748), the Social Support scale with reliability (α=0.712), and the Memorization Motivation scale with reliability (0.855) based on previous theoretical aspects. The results of the data analysis using multiple linear regression analysis show that self-efficacy and social support simultaneously have a positive influence on the motivation to memorize the Quran among Ta'miriyah elementary school students. Partially, self-efficacy significantly influences the motivation to memorize the Quran. This means that both self-efficacy and social support have an impact on the motivation to memorize the Quran in Ta'miriyah Elementary School. Therefore, self-efficacy and social support variables can serve as motivation for memorizing the Quran.   Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran siswa sekolah dasar Ta’miriyah Surabaya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran. Sampel penelitian ini sebanyak 47 siswa SD Ta’miriyah kelas Takhasus diambil dengan teknik simulasi a priori power analysis. Instrumen penelitian menggunakan skala Efikasi Diri dengan reliabilitas (α=0,748), Dukungan Sosial reliabilitas (α=0,712), dan Motivasi Menghafal reliabilitas (0,855) berdasarkan aspek teori terdahulu. Hasil analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan secara simultan efikasi diri dan dukungan sosial memiliki pengaruh positif terhadap motivasi menghafal Alquran siswa SD Ta’miriyah. Secara parsial efikasi diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi menghafal Alquran. Artinya baik efikasi diri dan dukungan sosial berpengaruh terhadap motivasi menghafal Alquran di SD Ta’miriyah. Dengan demikian variabel efikasi dan dukungan sosial dapat menjadi motivasi menghafal Alquran.     Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran siswa sekolah dasar Ta’miriyah Surabaya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran. Sampel penelitian ini sebanyak 47 siswa SD Ta’miriyah kelas Takhasus diambil dengan teknik simulasi a priori power analysis. Instrumen penelitian menggunakan skala Efikasi Diri dengan reliabilitas (α=0,748), Dukungan Sosial reliabilitas (α=0,712), dan Motivasi Menghafal reliabilitas (0,855) berdasarkan aspek teori terdahulu. Hasil analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan secara simultan efikasi diri dan dukungan sosial memiliki pengaruh positif terhadap motivasi menghafal Alquran siswa SD Ta’miriyah. Secara parsial efikasi diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi menghafal Alquran. Artinya baik efikasi diri dan dukungan sosial berpengaruh terhadap motivasi menghafal Alquran di SD Ta’miriyah. Dengan demikian variabel efikasi dan dukungan sosial dapat menjadi motivasi menghafal Alquran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TADIBUNA

Publisher

Subject

Education

Description

Ta'dibuna : Jurnal Pendidikan Islam, ISSN: 2252-5793 (Print) 2622-7215 (Electronic) is a journal of Islamic education published twice a year (April-October) on Islamic education with the scope of study are fundamental of Islamic education (philosophy, history and the nature of Islamic education), ...