Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan fasilitas pelayanan kesehatan pertama yang melaksanakan upaya kesehatan kesehatan masyarakat dan perorangan dalam mewujudkan pembangunan kesehatan diwilayah kerjanya. Upaya perbaikan pelayanan kesehatan salah satunya dilakukan melalui penilaian akreditasi puskesmas. Akreditasi diperlukan dengan tujuan agar pelayanan kesehatan memiliki mutu dan mampu memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai standar. Akreditasi juga merupakan salah satu persyaratan kredensial sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bekerjasama dengan BPJS. Tujuan dari literatur review ini adalah mengetahui proses kegiatan pembinaan akreditasi puskesmas di Sumatera Selatan. Metode yang digunakan dalam pencarian yang terkait dengan pembinaan akreditasi puskesmas ini menggunakan metode Literature Review berdasarkan artikel yang Diterbitkan dalam rentang waktu lima tahun terakhir (2019-2023). Hasil yang didapatkan yaitu dalam proses pembinaan akreditasi puskesmas di Sumatera Selatan diperlukannya Komunikasi yang baik antara puskesmas dengan dinas Kesehatan maupun dengan stake holder terkait. Pertemuan minilok bulanan dan minilok lintas sektoral perlu dilakukan untuk membahas tentang persiapan akreditasi Puskesmas. Serta masih kurangnya tenaga Kesehatan yang kompeten dalam bidangnya, maka diperlukannya pemenuhan SDM yang kompeten sesuai bidangnya dan perlu dilakukannya beberapa pelatihan terutama pelatihan bagi TIM akreditasi. Selain itu diperlukan akoordinasi antara Dinas Kesehatan dan Pemerintah dalam bidang penganggaran untuk proses kegiatan akreditasi dan diperlukannya perhatian lebih dari Dinas Kesehatan dalam pemenuhan sarana dan prasarana di UPT Puskesmas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
Copyrights © 2023