Jurnal SOLMA
Vol. 12 No. 2 (2023)

Pelatihan Dasar Bermain Seni Peran Monolog Bagi Siswa di MAN 1 Rembang

Rani Setiawaty (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kayuapu Kulon, Gondangmanis, Bae, Kudus Regency, Central Java 59327)
Moh. Khanzunnudin (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muria Kudus, Kayuapu Kulon, Gondangmanis, Bae, Kudus Regency, Central Java 59327)
Irfai Fathurohman (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muria Kudus, Kayuapu Kulon, Gondangmanis, Bae, Kudus Regency, Central Java 59327)
Agus Darmuki (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muria Kudus, Kayuapu Kulon, Gondangmanis, Bae, Kudus Regency, Central Java 59327)
Ahmad Haryadi (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muria Kudus, Kayuapu Kulon, Gondangmanis, Bae, Kudus Regency, Central Java 59327)
Yoga Alfaridzi (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muria Kudus, Kayuapu Kulon, Gondangmanis, Bae, Kudus Regency, Central Java 59327)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Background: Pemasalahan pembelajaran pada seni peran di MAN 1 Rembang yakni masih cenderung mengedepankan kognitif teoritis dan cenderung mengaktifkan otak kiri daripada mengaktifkan otak kanan atau mengedepankan keterampilan. Tujuan PkM ini adalah untuk memberikan pelatihan keterampilan dasar bermain seni peran teater monolog kepada siswa di MAN 1 Rembang Metode: Mitra sasaran kegiatan ini yaitu MAN 1 Rembang dengan 20 siswa. Metode dalam pengabdian ini dilakukan dengan teknik ceramah dan praktik yang dilaksanakan pada hari Kamis-Jumat, 22-23 Desember 2022. Indikator keberhasilan apabila sasaran mampu mengikuti pelatihan dengan antusias, mampu menguasai kemampuan dasar monolog, serta dapat mempraktikkannya. Hasil: pelatihan dasar bermain seni peran teater monolog menunjukkan bahwa antusiasme siswa di MAN 1 Rembang dalam mengikuti kegiatan sangat tinggi, terlihat dari serangkaian pelatihan yang dilalui siswa. Selain itu, indikator keberhasilan program menunjukkan bahwa penampilan siswa saat praktik monolog memperoleh nilai rata-rata 78,00 yang tergolong baik. Kesimpulan: Kegiatan ini memberikan dampak peningkatan pengetahuan dan keterampilan bermain seni peran bagi siswa di MAN 1 Rembang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...