Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 17, No 5 : Al Qalam (September 2023)

Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Ciketak

Rena Rohmawati (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang)
Cucun Sunaengsih (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang)
Dadan Nugraha (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2023

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tingkat berpikir kritis siswa berbeda-beda, hal tersebut dapat disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya tingkat berpikir kritis siswa adalah adanya peran suatu metode yang digunakan oleh guru sebagai salah satu faktor yang dapat melatih siswa untuk berpikir kritis pada saat kegiatan pembelajaran . Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran problem based learning, mengetahui perbedaan peningkatan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran, dan mengetahui efektivitas pembelajaran problem based learning terhadap tingkat berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem based learning memiliki tingkat efektivitas terhadap peningkatan berpikir kritis siswa. Hal tersebut disebabkan oleh adanya keaktifan  siswa dalam melakukan pemecahan masalah ketika proses pembelajaran berlangsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...