Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC ( Baca, Jawab, Diskusi, Pertunjukkan, dan Ciptakan) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 194 Pekanbaru. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimental type non equivalent control group design. Subjek pada penelitian ini ialah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan soal tes dan dokumentasi.Hasil yang ditemukan menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V, hal tersebut dibuktikan dengan kreativitas hasil belajar siswa dikelas eksperimen dengan rata-rata 77,94 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan rata-rata 63,89. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05, sehingga diperoleh kesimpulan H a diterima dan H 0 ditolak. Jadi, dapat bermakna terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC ( Baca, Jawab, Diskusi, Pertunjukan dan Ciptakan ) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 194 Pekanbaru. Kata kunci: Model pembelajaran RADEC, Hasil Belajar Matematika.
Copyrights © 2023