JURNAL KONFIKS
Vol 10, No 1 (2023): KONFIKS

KAJIAN METAFORA DAN METONIMI PADA IKLAN GUDANG GARAM “NYALAKAN MERAHMU”

Usman Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Mulyadi Mulyadi (Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Kajian metafora dan metonimi dalam perluasan iklan Gudang Garam baik secara visual dan verbal menyampaikan berbagai pemahaman. Penelitian difokuskan pada penggunaan metaforisasi dan metonimisasi dalam iklan Gudang Garam. Dalam iklan Gudang Garam tersebut termuat nyalakan merahmu yang dirujuk untuk menarik perhatian banyak pendengar maupun pembaca. Ekspresi nyalakan merahmu yang terdiri dari dua kata namun bisa menyampaikan konseptual yang berfungsi untuk memfasilitasi pemahaman yang lebih luas. Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur penentuan metafora dan metonimi yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur MIPVU (Steen, 2015). Hasil penelitian ini memberikan gambaran keseluruhan yang koheren tentang mengapa banyak metafora yang dapat diartikan sebagai metonimi dan mengapa banyak metonimi dapat dianggap sebagai metafora. Alasannya tampaknya, dalam kasus metafora korelasional, antara nonfiguratif dan tahap metafora ada tahap metonimik. Diberikan bingkai di mana korelasi berlaku antara dua elemen, harus ada hubungan metonimi yang sebelumnya logis antara elemen-elemen tersebut sebelum satu elemen dipindahkan dari kerangka awal untuk membentuk kerangka baru dan independen. Bingkai, yang akan membentuk sumber metafora atau target. Kesimpulan penelitian ini adalah metafora berbasis korelasi muncul dari representasi konteks dan teks sebagai mental seperti bingkai konkordansi yang memiliki padanan makna yang berbeda sesuai dengan tahap metonimik.tentang konseptual metafora dan metonimi khususnya dalam pembuatan iklan maupun pemberian informasi.

Copyrights © 2023