Diglosia
Vol 7, No 2 (2023): Agustus

PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI KETERAMPILAN BERBAHASA MEMIRSA SISWA BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS HTML5 PACKAGE (H5P)

Azzahra, Iis Siti Salamah (IKIP Siliwangi)
Septiaji, Aji (Universitas Majalengka)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta masuknya era Society 5.0 memberi dampak yang signifikan bagi perkembangan kemampuan berbahasa siswa, tidak terkecuali pada kemampuan memirsa. Keterampilan ini melibatkan kemampuan untuk memahami dan menanggapi pesan yang disampaikan melalui media visual, seperti gambar, video, dan animasi. Namun demikian, diperlukan sebuah cara untuk mengukur tingkat keberhasilan memirsa siswa yang tidak hanya efektif untuk digunakan tetapi dapat dilakukan bersamaan dengan kegiatan memirsanya itu sendiri sehingga teras lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran sebuah model evaluasi berbantuan video interaktif berbasis HTML5 package atau H5P. Metode penelitian yang digunakan adalah RnD (Reasearch and Development). Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, lembar observasi, angket, validasi produk, dan tes. Hasil validasi media terhadap pembelajaran bahasa menunjukkan persentase 95,6% % dari tiga ahli dan 93% dari hasil ujicoba. Luaran penelitian membuat pembelajaran kemampuan berbahasa memirsa d di kelas semakin menarik, melatih siswa berteknologi dan juga mendapatkan gambaran hasil pemahaman siswa dalam memirsa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dl

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia tergabung dalam Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP). Jurnal ini memuat artikel ilmiah penelitian dan gagasan konseptual atau kajian teoretis dalam bidang pendidikan, kebahasaan, ...