EDU-KATA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 9 No 2 (2023): Agustus 2023

PEMBELAJARAN VOKAL BERBASIS MASALAH PADA ANAK USIA DINI DI TIRANDO MUSIC EDUCATION SURABAYA

Zakiyyah Ajeng Widiastuti (Universitas Negeri Surabaya, FBS, Jurusan Sendratasik Prodi Pendidikan Sendratasik)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2023

Abstract

Tirando Music Education merupakan lembaga kursus musik yang berada di Surabaya. Tirando memiliki pengajar yang ahli di bidangnya dikarenakan semua pengajar di Tirando diharuskan untuk memiliki latar belakang pendidikan Musik. Program belajar di Tirando Music Education terdiri berbagai instrumen seperti piano, keyboard, saxophone, gitar, trumpet, violin, drum dan juga vokal. Semua program pembelajaran diperuntukkan bagi seluruh kalangan usia. Salah satu rentang usia yang menjadi mayoritas peserta didik di Tirando Music Education, adalah anak usia dini. Anak usia dini adalah anak – anak dengan rentang usia 0 – 8 tahun yang masih berada dalam proses tumbuh kembang, serta memiliki karakteristik sifat yang khusus dan unik sehingga memerlukan perhatian khusus saat proses pembelajaran. Sebagian besar peserta didik usia dini di Tirando, mengambil instrumen vokal dikarenakan dianggap paling praktis, dapat langsung dipraktekkan, sesuai dengan keadaan fisik, dan tidak perlu memiliki alat musik terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran berbasis masalah di Tirando Music Education beserta hasil pembelajarannya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstrukur, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara sistematis meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan menyatakan bahwa pembelajaran vokal berbasis masalah dinilai efektif dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi masing – masing peserta didik (mood, konsentrasi, kurang percaya diri, intonasi, artikulasi, power, tempo, pernapasan, dinamika, dan hafalan lirik). Hal ini dikarenakan beragam cara dan solusi yang diterapkan membuat pengajar tidak menggeneralisir permasalahan peserta didik dan lebih fokus kepada masing – masing individu yang kemudian berdampak pada meningkatnya hasil pembelajaran peserta didik pada setiap pertemuan dengan berbagai indikator meliputi (postur badan, teknik nafas, pemenggalan kata, ketepatan nada, artikulasi/pengucapan, dinamika, membaca notasi angka/balok, ekspresi/penjiwaan, tempo dan power). Penilaian dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata peningkatan pada anak dari penilaian awal hingga penilaian akhir adalah 4,4 dan tiap pertemuan kedua adalah 4,7 dan pertemuan ketiga adalah 4,1. Dari data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran vokal pada anak usia dini di Tirando Music Education memiliki kualitas yang baik dan pengajar berhasil menerapkan solusi – solusi bagi setiap permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kata

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is published by the Master Program of Indonesian Language and Literature Education, Postgraduate Program, Islamic University Darul Ulum Lamongan as a medium of information, teaching facilities, and dissemination of research results, theoretical developments, and scientific writings on ...