Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM) adalah keterampilan esensial yang perlu dimiliki dan dikuasai siswa, terutama dalam menyelesaikan masalah sehari-hari namun realitas di lapangan menunjukkan kemampuan memecahkan masalah masih rendah. Dalam mendukung peningkatan KPMM, maka diperlukan bahan ajar yang membantu siswa untuk belajar secara aktif dan tidak menimbulkan perasaan bosan pada diri siswa ketika siswa mempelajari matematika di sekolah. Tujuan penelitian ini mengembangkan bahan ajar menggunakan pendekatan berbasis masalah berbantuan geogebra. Design Research adalah metode yang dipergunakan pada penelitian ini. Penelitian ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu desain perencanaan dan desain evaluasi formatif. Subjek pada penelitian adalah 38 siswa SMK Gema Karya Bahana di Kota Bekasi Kelas X. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa skala sikap, wawancara, dokumentasi dan uji coba soal. Pengolahan data menggunakan cara kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahan ajar menggunakan pendekatan berbasis masalah berbantuan geogebra sangat valid, praktis dan sangat efektif dalam meningkatkan KPMM terutama dalam materi Program Linear, sehingga bahan ajar menggunakan pendekatan berbasis masalah berbantuan geogebra dapat dipergunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan KPMM siswa
Copyrights © 2023