Penggunaan media pembelajaran untuk membelajarkan materi ekosistem pada siswa kelas V Sekolah Dasar(SD) di wilayah kabupaten Blitar masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan mediadiorama ekosistem untuk kelas V SD, 2) untuk mengetahui efektivitas media diorama ekosistem yang digunakan dalampembelajaran kelas V SD, 3) untuk mengetahui pengaruh penerapan media diorama dalam pembelajaran terhadap hasilbelajar siswa kelas V di SDI Hasanul Amin Talun Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research andDevelopment dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang dibatasi hingga tahap ke tujuh (revisi).Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Hasanul Amin Talun Blitar. Teknik pengumpulan data dengan angketdan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penilaian ahli media, materi, dan bahasa berturut-turut adalahsebesar 80.89%, 66%, 73.33%. Rata-rata skor dari ketiga validator diperoleh nilai sebesar 73.41% dengan kategorimedia layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji respon guru dan siswa terhadap penggunaan media dioramaekosistem diperoleh persentase skor secara berturut-turut sebesar 91.1% dan 90.6% dengan kategori “sangat baik”.Media diorama ekosistem juga terbukti signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yangbelajar dengan media diorama ekosistem juga terbukti lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa media diorama ekosistem yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran sertadapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD.
Copyrights © 2023