Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 3 (2023): Agustus

Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 1 Praya Tengah Tahun Ajaran 2022/2023 yang Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Investigasi Kelompok (KI) Berbantuan Media Audio Visual

Nana Eliana (Universitas Mataram)
Baiq Sri Handayani (Universitas Mataram)
Syamsul Bahri (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2023

Abstract

Dunia saat ini berada pada era revolusi 4.0 dimana sebagian besar aktivitas manusia berbasis teknologi. Tinggi rendahnya suatu Pendidikan di suatu negara menjadi salah satu tolak ukur kemajuan suatu negara, hal tersebut menjadi tekenan besar bagi Pendidikan Indonesia untuk terus berupaya meningkatkan mutu Pendidikan sesuai dengan tuntutan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi SMAN 1 Praya Tengah tahun ajaran 2022/2023 yang menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dengan tipe investigasi kelompok (KI) berbantuan media audio visual (video). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan motode quasi eksperimen (Eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel di lakukan dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas jigsaw diperoleh nilai rata-rata hasil post-test sebesar 76,24 sedangkan pada kelas investigasi kelompok (KI) diperoleh rata-rata sebesar 76,73. Bedasarkan uji t pada taraf signifikansi 5% memperlihatkan tidak terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa SMAN 1 Praya Tengah tahun ajaran 2022/2023 yang menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dangan tipe investigasi kelompok (KI) berbantuan audio visual.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...