Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 3 (2023): Agustus

Motivasi Berprestasi, Minat Berorganisasi, dan Indeks Prestasi Mahasiswa Bidikmisi di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

Yumna Juita Haris (Universitas Mataram)
A. Wahab Jufri (Universitas Mataram)
Imam Bachtiar (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Beasiswa Bidikmisi adalah program yang memfasilitasi calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik namun kurang dalam bidang ekonomi untuk mengenyam pendidikan yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat motivasi berprestasi, minat berorganisasi, menganalisis perbedaan tingkat motivasi berprestasi, minat berorganisasi dan hubungan motivasi berprestasi dan minat berorganisasi dengan indeks prestasi mahasiswa. Subjek penelitian ini ialah mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi/ Kartu Indonesia Pintar Kuliah angkatan 2019, 2020 dan 2021 di Program Studi Pendidikan Biologi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi berprestasi dan minat berorganisasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 155 mahasiswa. Sampel yang dipilih pada penelitian ini adalah seluruh bagian dari populasi yang berjumlah 85 responden yang bersedia mengisi kuesioner penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi berprestasi mahasiswa secara keseluruhan tergolong dalam kategori tinggi (100%). Minat berorganisasi mahasiswa tergolong dalam kategori tinggi (99,89%). Tidak terdapat perbedaan motivasi berprestasi antar ketiga angkatan. Terdapat perbedaan minat berorganisasi antara angkatan 2020 dengan 2021, tidak terdapat perbedaan minat berorganisasi antara angkatan 2019 dengan 2020 dan angkatan 2019 dengan 2021. Ada korelasi positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan minat berorganisasi dengan indeks prestasi. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan Ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dan minat berorganisasi dengan indeks prestasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...