Produktif : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi
Vol. 7 No. 2 (2023): Produktif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi

IMPLEMENTASI MVC (MODEL VIEW CONTROLLER) PADA PERANCANGAN APLIKASI PRESENSI BERBASIS WEB (PREPARASI) (STUDI KASUS SMK NURUL FITRI)

Rani Nuraeni (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Sulidar Fitri (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Cecep Riki (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2023

Abstract

SMK Nurul Fitri masih menggunakan cara manual untuk sistem pencatatan kehadiran Peserta Didiknya. Cara manual yang dimaksud untuk melakukan pencatatan sampai tahap pelaporan itu masih tertuang dalam sebuah draft presensi yang dicatatat dan direkap satu per satu setiap tahunnya sehingga terjadinya penumpukan kertas pada sebuah ruangan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran sistem usulan untuk memudahkan pengguna dalam pencatatan juga rekapitulasi kehadiran Peserta Didik. Model pengembangannya menggunakan model waterfall (air terjun) dimulai dari tahap analisis sistem saat ini, analisis kebutuhan sistem, sistem usulan, desain sistem sampai pada tahap penilaian desain sistem. Pada perancangannya mengimplementasikan Model View Controller (MVC), jika diimplementasikan pada suatu aplikasi dapat dikembangkan secara terpisah antara layer application logic dan presentation dan akan memudahkan developer dalam proses pengembangan juga pemeliharaannya. Presensi dikatakan penting karena dapat melihat tingkat kedisiplinan Peserta didik yang sering hadir. Teknik Pengumpulan datanya dengan obsevasi, wawancara, instrument penelitian yaitu angket. Hasil penilaian dari ahli dengan nilai rata-rata 49 dengan klasifikasi Baik dan penilaian dari Pengguna dengan nilai rata-rata 41,7 dengan klasifikasi Baik sehingga dapat disimpulkan, perancangan aplikasi presensi peserta didik berbasis web ini termasuk kedalam kategori baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

produktif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

PRODUKTIF adalah jurnal ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi yang mempublikasikan hasil penelitian maupun kajian ilmiah dan kajian literatur memuat topik : Artificial Intelligence & Application, Computer Networking & Security, Computer-Based Multimedia Retrievel, Decision Suport System, Data ...