All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 3, No 3: September 2023

Efektifitas Project Based Learning (Pjbl) Sebagai Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika

Nova Riani (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2023

Abstract

Krisis pembelajaran yang terjadi sebagai akibat dari pandemic covid19 telah memberi dampak yang mendasar terhadap perkembangan Pendidikan di Indonesia. Penerapan model Project Based Learning (PjBL) merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka, yang menjadi upaya dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) untuk memperbaiki krisis dan pemulihan pembelajaran setelah pandemi covid-19. Penulisan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pembaca mengenai efektifitas Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai kurikulum merdeka dalam pendidikan matematika. Teknik yang digunakan adalah teknik studi kepustakaan atau library research yang melibatkan pencarian dan pengumpulan data-data yang relevan, kemudian mencocokkan informasi tersebut dengan topik yang akan dibahas atau ditulis. Hasil penelitian terhadap model PjBL sangat efektif bagi pertumbuhan minat belajar matematika di antara peserta didik. Penciptaan model PjBL telah memberikan dampak yang menguntungkan bagi perkembangan kemampuan matematika peserta didik dan menjadi strategi kesiap siagaan menghadapi pandemi.Kata Kunci: Efektivitas, Project Based Learning, Kurikulum Merdeka, Matematika.

Copyrights © 2023