MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol. 6 No. 2 (2023): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi

PENGARUH PESAN HOAX DI MEDIA SOSIAL TERHADAP SIKAP MAHASISWA: (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Makassar)

Syukri Syukri (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Ahmad Syarif (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Fitriani H (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2023

Abstract

Mudahnya khalayak mengakses dan menyebarkan segala pesan, mengesampingkan penyaringan pesan sehingga tidak sedikit pengguna media sosial menyebarkan pesan palsu atau biasa dikenal dengan istilah Hoax. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tipe penelitian ini menggunakan korelasi analisa regresi linear sederhana dengan maksud mencari pengaruh antara variabel independen (X) dengan variabel dependen (Y), Lokasi penelitian dilakukan langsung di Universitas Muhammadiyah Makassar. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan jumlah responden sebanyak 130 Mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel bebas dan terikat pada penelitian ini. Diperoleh nilai dari hasil uji signifikansi regresi parsial (uji t) nilai Sig. variabel X (pesan hoax di media sosial) adalah 0.001 < 0.05 dengan nilai t hitung 2.758 > 1.978 (t tabel), Kemudian nilai pearson correlation ialah 0,254 dengan nilai sig. (2-tailed) 0.001. Perolehan skor tersebut mengandung arti bahwa variabel bebas Pesan Hoax di Media Sosial memiliki korelasi terhadap variabel terikat Sikap Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Medialog

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu ...