Jurnal Pendidikan Transformatif
Vol. 1 No. 3 (2022): Desember 2022

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Materi Peluang Kelas VIII

Rizky Budi Prasetyo (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Gunawan Santoso (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Rahmita Nurul Muthmainnah (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Ismah (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Ririn Widiyasari (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Salah satu penerapan teknologi di bidang Pendidikan yaitu pada penggunaan media dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline yang menghasilkan produk berupa aplikasi media pembelajaran interaktif pada materi Matematika Peluang kelas VIII. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (menganalisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (pelaksanaan), dan Evaluation (perbaikan). Penelitian dilakukan di SMP PGRI 336 Pondok Betung pada bulan Agustus 2023 dengan subyek penelitiannya yaitu peserta didik kelas VIII SMP. Rumusan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran yang sudah dikembangkan. Pada proses validasi dilakukan oleh dua validator media dan dua validator materi. Setelah itu kepraktisan media pembelajaran dilakukan dengan uji respon kepada peserta didik dengan uji respon kelompok kecil sebanyak 8 orang dan uji respon kelompok besar sebanyak 23 orang. Hasil penelitian didapatkan penilaian dari ahli media adalah 94,81% dengan kategori sangat valid dan hasil penilaian oleh ahli materi adalah 96,57% dengan katergori sangat valid dan hasil respon dari siswa kelomopok kecil yaitu mendapatkan skor 81,37% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji respon kelompok besar adalah 81,68% dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini dapat dinyatakan sangat valid sebagai media pembelajaran dan sangat praktis untuk digunakan oleh peserta didik dalam belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Education Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jupetra- Jurnal Pendidikan Transformatif (e-ISSN:2963-3176) adalah Jurnal jurnal peer-review yang diterbitkan oleh YAYASAN AYA SOPHIA INDONESIA pada tahun 2022. Kami menerbitkan makalah penelitian asli, artikel review dan studi kasus berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan ...