Pemasaran online merupakan model yang berkembang di era milineal dalam kapasitasnya memperluas pasar, Produk pertanian dapat dikenal oleh pembeli dengan pemanfaatan media sosial atau platform. Usaha kecil, seperti kelompok tani perlu diperkenalkan pada pemasaran online dan aplikasi penggunaan berbasis online untuk meningkatkan pangsa pasar dan pengenalan produk yang dihasilan secara global serta peningkatan penjualan. Penyuluhan dengan memperkenalkan konsep pemasaran online, pembuatan web serta pengenalan aplikasi pemasaran pada kelompok tani hutan Lamperangan dilakukan dengan mekanisme penyuluhan dan pelatihan. Adanya pelaksanaan penyuluhan, setiap anggota kelompok tani hutan Lamperangan memahami pentingnya pelaksanaan pemasaran online untuk memperkenalkan produk mereka pada pasar yang lebih luas lagi di bandingkan dengan pemasaran tradisional yang mereka lakukan selama ini. Adanya pelatihan ini, memilih dari anggota kelompok untuk dijadikan admin grup dalam pemasaran online. Dampak dengan adanya pelatihan, admin grup memiliki keterampilan yang mampu mengaplikasi pemasaran online yang telah di buat untuk menawarkan produk pupuk dan tanaman yang mereka hasilkan, pemilihan sistem pembayaran yang dapat konsumen pilih dalam proses transaksi, pemilihan jasa pengiriman yang diberikan oleh kelompok kepada pihak konsumen, serta pemberian diskon sebagai bentuk dari strategi pemasaran. Selain itu, hasil dari pelatihan ini memberikan arahan untuk mempecantik tampilan produk dan pentingnya merek serta peningkatan kinerja dengan proses interaksi dan komunikasi dengan pembeli.
Copyrights © 2023