Tulisan ini mendasarkan pada kajian tentang ilmu komunikasi yang berkaca dari Tridarma Perguruan Tinggi, tidak hanya berfokus pada pendidikan dan pengajaran serta penelitian semata, akan tetapi juga haruslah memenuhi unsur pengabdian masyarakat sebagai wujud implementasi keilmuan kepada masyarakat. Trend pengabdian masyarakat bidang ilmu komunikasi di Indonesia menjadi bagian penting untuk ditelaah mengingat bagian ini sering dianggap tidak terlalu penting, dimana porsi perhitungan angka kredit yang diperoleh oleh dosen dari bidang ini tidak besar dan tidak perlu dalam kuantitas banyak per tahun. Hal inilah yang menjadi menarik, karena keberadaan kegiatan pengabdian masyarakat belum mendapat prioritas dalam berbagai aspek, sehingga tujuan kajian ini adalah untuk melihat trend dan ragam pengabdian masyarakat bidang Ilmu Komunikasi di Indonesia. Metode yang digunakan dalam kajian ini dengan metode survey dengan alat ukur kuesioner melalui bantuan google form yang tersebar ke berbagai program studi ilmu komunikasi yang ada di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potret dan trend berdasarkan tema pengabdian masyarakat, bentuk pengabdian masyarkat, target sasaran pengabdian masyarakat maupun pembiayaan pengabdian masyarakat memiliki prosentase kesamaan yang identik setiap program studi di Indonesia dengan rerata kesamaan mencapai 90%, di mana pengabdian masyarakat yang diimplementasikan menjadi tidak sejalan dengan kekhasan yang dimiliki oleh masing-masing program studi ilmu komunikasi.
Copyrights © 2023