JURNAL STUDIA KOMUNIKA
Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Ilmu Komunikasi

Organizational Culture on Terkini.id: Communication and information technology adaptation: Indonesia

Rasni Gani (Universitas Hasanuddin Makasar)
Tuti Bahfiarti (Universitas Hasanudin Makasar)
Muhammad Farid (Universitas Hasanudin Makasar)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis budaya organisasi yang mengadopsi penggunaan teknologi komunikasi dan informasi. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus yang berfokus pada organisasi media online Terkini.id (Makassar Terkini). Metode penelitian yaitu kualitatif dengan sumber data dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara. Informan penelitian yaitu para karyawan di media online Terkini.id (Makassar Terkini). Temuan studi ini menunjukkan bahwa dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah menjembatani sebuah adaptasi baru di dalam budaya organisasi seperti di Terkini.id. Diketahuibahwa Terkini.id memaksimalkan penggunaan aplikasi pesan instan dengan WhatsApp. WhatsApp digunakan untuk koordinasi antarkaryawan dan karyawan dengan pimpinan. Itu berkontribusi untuk membentuk dan menjaga komunikasi internal Terkini.id. Selain itu, penggunaan aplikasi konverensi online seperti Zoom juga membentuk budaya organisasi dalam mendiskusikan dan mengakomodir pertemuan rutin. Praktik dalam mengadaptasi kemajuan teknologi tersebut memunculkan budaya organisasi baru di Terkini.id. Kontribusi penelitian ini untuk perkembangan studi berikutnya yang relevan, terutama dapat diadopsi olehperusahaan atau organisasi lainnya. Kekurangan studi ini terletak pada metode yang hanya mengandalkan sumber data dari platform tertentu, sehingga diperlukan penelitian lainnya yang mengeksplorasi platform lainnya selain WhatsApp dan Zoom.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jik

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Studia Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi is a peer-review journal published by Department of Communication STISIPOL Pahlawan 12, Bangka Belitung. We welcome all contributions on the following topics: Media studies, Mass communication and journalism, Strategic communication, and New ...