Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science
Vol 2 No 03 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science

Strategi Inovasi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pertumbuhan Organisasi di Era Digital

Anna Triwijayati (Universitas Ma Chung)
Yohanes Paulus Luciany (Universitas Flores)
Yulia Novita (Universitas Islam Negeri sultan Syarif Kasim Riau)
Nika Sintesa (Politeknik LP3I Jakarta)
Achmad Zahruddin (Universitas Baturaja)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini menggali eksplorasi strategi inovasi bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era digital di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, studi ini berfokus pada pemahaman tentang tantangan yang dihadapi UMKM, adopsi teknologi digital, dan strategi inovatif yang mereka terapkan. Melalui analisis tematik dari wawancara semi-terstruktur dengan pemilik, manajer, dan pakar industri UMKM, penelitian ini mengungkap berbagai dimensi inovasi digital. Temuan-temuan ini menyoroti peran penting e-commerce, pengambilan keputusan berbasis data, kolaborasi, dan peningkatan pengalaman pelanggan dalam meningkatkan daya saing dan pertumbuhan. Implikasinya meluas ke UMKM yang mencari strategi yang efektif, pembuat kebijakan yang membentuk lingkungan yang kondusif, dan para peneliti yang memperdalam wawasan mereka ke dalam interaksi dinamis antara inovasi dan digitalisasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbmws

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science adalah Jurnal Manajemen dan Bisnis sebagai tempat untuk menyebarluaskan hasil penelitian, kajian dan ide di bidang manajemen dan bisnis yang diterbitkan oleh Westscience Press. Pertama kali diterbitkan pada tahun 2022.Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science ...