Jurnalaquafishunimuda
Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Akuafish Saintek

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALAMI MOINA sp DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN KOMET (Carassius Auratus)

Muhamad Salim (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Sri Wahyuni Firman (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Muh Izhar Difinubun (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Dheni Rossarie (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2023

Abstract

Ikan komet (Carrasius auratus) adalah spesies ikan yang terkenal dan habitatnya berada di perairan dangkal. Ikan komet pertama kali ditemukan di cina nama asing goldfish. Ikan ini sangat digemari karena keelokan warna, dan memiliki tubuh yang menawan serta bagian sirip yang lebih panjang. Tujuan riset ini adalah untuk menganalisis dosis yang tepat bagi pertumbuhan dan kelangsungan hidup dan melihat pengaruh pemberian pakan alami Moina sp bagi pertumbuhan dan kelangsungan hidup larva ikan komet. Metode yang digunakan dalam riset ini merupakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 3 perlakuan serta 3 kali ulangan. Perlakuan A (pemberian pakan alami Moina sp 25 Ind/ L), perlakuan B (pemberian pakan alami Moina sp 35 Ind/ L), serta perlakuan C (pemberian pakan alami Moina sp 45 Ind/ L). Hasil penelitian untuk pemberian dosis yang paling tepat bagi pertumbuhan larva ikan komet ada pada perlakuan C yang menghasilkan nilai laju pertumbuhan harian 15.69%, bobot mutlak sebesar 120 mg, panjang mutlak 7.6 mm dan tingkat kelangsungan hidup sebesar 88%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalaquafishunimuda

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Immunology & microbiology

Description

Jurnal Aquafish Saintek merupakan jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan hasil penelitian dan perkembangan ilmu pengetahuan yang aktual dan terkini dibidang perikanan. Jurnal Aquafish Saintek memiliki fokus pada bidang akuakultur, teknologi hasil perikanan, teknologi penangkapan ikan dan ...