Penelitian ini dilakukan guna meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa kelas X Asisten Keperawatan SMK Bhakti Karya Karanganyar menggunakan model pembelajaran kumon dan media gambar yang berjumlah 15 siswa. Penelitian tindakan kelas (classroom action research) ini mengimplementasikan metode pendekatan kualitatif maupun kuantitatif. Data kualitatif bedasarkan hasil analisis dari wawancara guru kelas X mata pelajaran Bahasa Jawa, siswa, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Data kuantitatif berdasarkan hasil analisis dari hasil tes, observasi guru dan siswa. Hasil data tes dijabarkan dengan melihat nilai rata-rata saat pratindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada pratindakan, siswa mendapatkan nilai rata-rata 57 dengan persentase ketuntasan 13,34%. Pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan dengan nilai rata-rata 71,2 dengan persentase ketuntasan 40,02%. Tindakan siklus II memperoleh nilai rata-rata 80,26 yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal, namun persentase 60,03% yang berarti belum memenuhi indikator kesuksesan penelitian. Penelitian dilanjutkan hingga siklus III dengan nilai rata-rata 87,8 dengan persentase ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini, model pembelajaran kumon dan media gambar yang digunakan dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa. Maka disarankan kepada guru untuk menggunakan dan memilih model dan media pembelajaran variatif seperti model pembelajaran kumon dan media gambar, serta memotivasi siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa.
Copyrights © 2023