Pendahuluan: Dampak globalisasi sebagai hasil dari kemajuan dalam bidang informasi merujuk pada pengaruh yang menyebar secara global. Keterbukaan terhadap aliran informasi yang melibatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam era globalisasi juga berdampak pada lingkungan dan Masyarakat. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesiapan guru madrasah dalam menghadapi isu-isu global. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru Madrasah Aliyah Al-huda Pameungpeuk Kabupaten Bandung pada tahun 2022 sebanyak 32 orang guru. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah dengan teknik komunikasi tidak langsung dengan cara pengamatan terhadap kegiatan guru. Wawancara dengan media googleform. Teknik dan alat tersebut digunakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan guru-guru dalam menghadapi tantangan globalisasi. Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitian menunjukan kesiapan guru di MA Al-Huda Pameungpeuk sudah cukup baik dan siap dalam menghadapi isu-isu global. Kesiapan seorang guru baik fisik dan mental, kompetensi guru yang mencakup kemampuan, keterampilan dan pengetahuan akan teknologi menjadi faktor utama dalam mengikuti perkembangan globalisasi. Kesimpulan: Ketersediaan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan pembelajaran daring utamanya kemudahan akses internet di MA Al-Huda Pameungpeuk telah tersedia dengan baik sebagai pendukung kegiatan proses pembelajaran dan meningkatkan kinerja guru dalam menghadapi isu-isu global.
Copyrights © 2023