Kesadaran konsumsi ikan di kalangan masyarakat Bekasi masih dibawah rata-rata. Bagaimanapun ikan adalah makanan yang ekonomis, gampang ditemukan, dan bergizi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola konsumsi ikan, menganalisis persepsi dan preferensi responden terhadap ikan, serta meningkatkan strategi konsumsi ikan. Penelitian dilakukan dengan menganalisis data primer mengenai pola konsumsi ikan yang dipengaruhi oleh persepsi dan preferensi terhadap produk ikan melalui wawancara secara langsung terhadap 110 anggota rumah tangga. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, analisis logit, analisis kuantitatif dengan uji chi-square, analisis SWOT dan analisis Analytical Hierarchy Process (AHP). Mengacu pada temuan penelitian tersebut, strategi peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Bekasi antara lain: 1) Memberikan pengetahuan kepada kelompok masyarakat perikanan tentang cara mengelola dan menangani GMP dengan benar melalui pelatihan atau peningkatan kesadaran, 2) Menerapkan sistem untuk menjamin kualitas produk ikan yang sehat dan aman melalui cara pengolahan yang steril sesuai standar GMP dan SOP, 3) Mempromosikan penerapan teknologi produksi dan penjualan yang lebih efektif melalui media periklanan yang ada, 4) Penyuluhan dan edukasi kepada nelayan, petani ikan dan UMKM pengolah ikan, 5) Mendorong hasil pengembangan teknologi pengolahan produk perikanan, khususnya produk yang tidak mempunyai nilai ekonomi.
Copyrights © 2023