Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Vol 8, No 1 (2023): April

Pengaruh kualitas pelayanan kualitas produk dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan

Frederico Lonteng (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda)
Sri Wahyuni (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan (X1) kualitas produk (X2) dan kepuasan (X3) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y) di kepiting belenger. Sampel penelitian ini adalah 100 responden. Jenis data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil uji t statistik menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) sebaliknya kualitas produk (X2) berpengaruh positif tidak signifikan, hasil uji F menyatakan bahwa semua variabel dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil koefisien determinasi memiliki nilai 0,647, hal ini menujukan bahwa 64,7% variasi dari kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2), kepuasan (X3) dan loyalitas pelanggan (Y), sedangkan 35,3% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam variabel yang diteliti.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIMM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Manajemen Terbit 4 kali dalam 1 tahun Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis ...