Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Vol. 18 No. 2 (2023): Pedagogik: Jurnal Pendidikan

Identifikasi Kesulitan Peserta Didik Kelas V SDN 5 Palangkaraya Melalui Kegiatan Pembelajaran Secara Luring Di Masa Covid-19: Identification of Difficulties Of Class V Students in Palangkaraya 5 State Elementary School Through Online Learning Activities in the Covid-19

Didy Murjani (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Fathul Zannah (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran matematika yakni pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Palangkaraya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang peserta didik kelas V, 1 orang guru kelas V dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa peserta didik cenderung mengalami kesulitan ketika belajar matematika khususnya pada materi operasi hitung campuran pada pecahan biasa yang disebabkan oleh kelemahan dalam berhitung, kesulitan dalam mentransfer pengetahuan dan pemahaman bahasa matematika yang kurang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting ...