Penelitian ini bertujuan untuk pembelajaran berbasis diferensiasi otak berdampak pada siswa laki-laki dan perempuan di kelas khusus. Dengan menggunakan neurosains latar belakang penelitian ini, pendekatan ini menunjukkan betapa pentingnya memahami perbedaan otak laki-laki dan perempuan dalam proses pembelajaran adannya, karena ada perbedaan dalam prefensi belajar antara kedua kelompok. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan penelitian Perpustakaan, meninjau literatur sebelumnya untuk menunjukkan perbedaan pada struktur dan fungsi yang ada otak laki-laki dan perempuan. Salah satu temuan penting dari tinjauan ini adalah perbedaan dalam corpus callosum, area Broca dan Wernicke, hypothalamus, inferior parietal lobe, dan hippocampus yang membedakan laki-laki dan perempuan. Selain itu, penelitian ini menyelidiki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik yang digunakan siswa. Hasil mencakup perbedaan struktur dan fungsi otak yang terkait dengan pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada implikasi perbedaan otak laki-laki dan perempuan dalam pembelajaran, dengan penekanan pada pentingnya membuat pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan preferensi belajar yang berbeda. Memahami pada perbedaan otak laki-laki dan perempuan dalam lingkungan kelas tertentu dapat membantu membangun strategi pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa laki-laki dan perempuan secara khusus. Diharapkan bahwa penelitian ini akan meningkatkan kualitas pembelajaran dan mencapai hasil yang optimal dalam kelas khusus
Copyrights © 2023