Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2021)

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNINGTIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD

Hikma Hikma (Universitas Halu Oleo)
Izlan Sentryo (Universitas Halu OLeo)
Sakka Hasan (universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Cooperative Learning Tipe Student Facilitator And Explainingpada tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IVSD Negeri 11 Konda. Prosedur penelitian yaitu: (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasise dangkan data kualitatif melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 8 dari 14 siswa yang telah mencapai persentase ketuntasan klasikal atau 57,11% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 60. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu terdapat 12 dari 14 siswa yang telah mencapai persentase ketuntasan belajar atau 85,71% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 82,14.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...