JURNAL BIOEDUCATION
Vol 10, No 2 (2023): Jurnal Bioeduction

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DARING FISIOLOGI TUMBUHAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM

Maya Pratiwi (Universitas Ahmad Dahlan)
Monica Milliani Rizky (Universitas Ahmad Dahlan)
Much. Fuad Saifuddin (Universitas Ahmad Dahlan)
Destri Ratna Ma'rifah (Universitas Ahmad Dahlan)
Elma Nur Azizah (Universitas Ahmad Dahlan)
Gusti Anggraini (Pendidikan Biologi, Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2023

Abstract

Selama masa pandemi Covid-19 pembelajaran dilakukan secara berani menggunakan berbagai platform . Salah satu platform yang digunakan pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan yaitu Google Classroom. Platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang digunakan dalam proses pembelajaran. Maka dari itu diperlukan penelitian terkait dengan persepsi untuk mengoptimalkan kualitas proses pembelajaran Fisiologi Tumbuhan terhadap penggunaan media pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran Fisiologi Tumbuhan menggunakan media Google Classroom. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi 24 item pernyataan dengan skala seperti rentang 5 skor. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi UAD angkatan 2018 yang berjumlah 98 dengan sampel 79 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase persepsi mahasiswa pada aspek penyajian informasi dan materi di Google Classroom sebesar 58,76% , aspek pengelolaan aktivitas pembelajaran sebesar 53,97%, aspek penugasan sebesar 55,65%, aspek motivasi sebesar 49,4%, dan aspek self-learning sebesar 56,85% hasil keseluruhan memberikan respons yang cukup positif terhadap penggunaan media Google Classroom. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, dapat diperoleh bahwa persepsi mahasiswa yang telah diperoleh dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Fisiologi Tumbuhan yang berani terhadap penggunaan media Google Kelas Kata kunci: Fisiologi Tumbuhan, Google Classroom, Persepsi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bioeducation adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Februari dan Agustus) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan biologi ...