Hasta Wiyata
Vol. 6 No. 2 (2023)

TEKNOLOGI ASISTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS

Alifian, Muhammad Afnani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Teknologi asistif merupakan piranti khusus yang berupa seperangkat teknologi dengan mengacu pada kebutuhan individu siswa. Teknologi ini dapat digunakan guru bahasa Indonesia sebagai penyedia akses untuk siswa di kelas inklusif. Penerapan teknologi asistif diharapkan bermanfaat meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. Teknologi asistif dapat membantu siswa berkebutuhan khusus agar berperan secara aktif dalam pembelajaran ketika menerima materi, proses pembelajaran maupun evaluasi. Berdasarkan hasil studi pustaka didapatkan gambaran tentang penerapan teknologi asistif dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk siswa berkebutuhan khusus akan efektif jika dilakukan melalui proses yang sistematis. Mulai dari persiapan, model, kerangka kerja, penerapan, dan evaluasi. Teknologi asistif memberikan aksesibilitas siswa sehingga bisa lebih mudah saat memperoleh pembelajaran bahasa Indonesia. Selain itu, teknologi asistif dapat membantu siswa berkebutuhan khusus agar dapat bekerja secara mandiri, meningkatkan motivasi belajar, dan merasa memiliki hak sama dengan siswa normal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

hastawiyata

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Hasta Wiyata adalah nama jurnal yang diterbitkan oleh program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya. Kedua istilah tersebut berasal dari bahasa Sanskerta, “hasta” berarti tangan dan “wiyata” berarti pengajaran. Jurnal ini bergerak dalam ...