Masalah yang diangkat dalam penelitian ini sesuai dengan hasil observasi di RA Insan Tangkas adalah rendahnya kemampuan motorik kasar melalui permainan tikus-kucing, maka dari itu ingin mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tikus-kucing agar permainan ini dapat dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memperdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran disekolah, untuk meningkatkan pembelajaran di kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri 4 tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Hasil observasi aktivitas peserta didik Siklus I nilai rata-rata 11 dengan persentase keaktifan 55% dan Siklus II nilai rata-rata 19,6 dengan persentase keaktifan 82%, observasi keterampilan motorik kasar peserta didik Siklus I nilai rata-rata 13,5 dengan persentase keaktifan 60% Siklus II nilai rata-rata 24,5 dengan persentase keaktifan 89%.
Copyrights © 2023