Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi
Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi (JMBO)

PENGARUH ATMOSFER TOKO DAN CITRA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEI PADA PELANGGAN SUPERINDO SUPERMARKET KARAWANG)

Rama Rosadi (Politeknik Bhakti Kartini)
Luluh Abdilah Kurniawan (Universitas Panca Sakti Bekasi)
Syaefudin Aziz (Universitas Timor)
Nurul Huda (Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan menjelaskan atmosfer toko, citra toko dan keputusan pembelian pada Superindo Supermarket Karawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Sampel dilakukan dengan menggunakan metode insidental sampling dengan jumlah sampel 345 responden dari populasi 40.000 pengunjung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Analisis Rentang Skala dan Analisis Jalur dengan bantuan Method Of Succesive Interval. Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan yaitu: 1) Atmosfer toko berada pada kriteria cukup setuju; 2) Citra toko berada pada kriteria setuju; 3) Keputusan pembelian berada pada kriteria setuju; 4) Terdapat korelasi antara atmosfer toko dan citra toko dengan kriteria kuat; 5) Terdapat pengaruh parsial antara atmosfer toko terhadap keputusan pembelian secara signifikan dan terdapat pengaruh parsial antara citra toko terhadap keputusan pembelian secara signifikan; 6) Terdapat pengaruh atmosfer toko dan citra toko secara simultan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmbo

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Bisnis dan Organisasi (JMBO) adalah media publikasi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia menerbitkan artikel-artikel ilmiah di bidang manajemen, bisnis dan organisasi. Sebagai media yang didedikasikan untuk mendorong pertukaran ide antara akademisi, pengkaji ...