Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5, No 3 (2022)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY VISUALIZATION, & INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN KELAS V SDN 1 ROMBO KABUPATEN BUTON UTARA

Okin Okin (Univeritas Halu Oleo)
Sakka Hasan (Universitas Halu Oleo)
Lisnawati Rusmin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan kelas V SDN 1 Rombo Kabupaten Buton Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Group Preetest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Rombo Kabupaten Buton Utara pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Subjek pnelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Rombo Kabupaten Buton Utara sebanyak 14 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis deskriptif pada preetest diperoleh nilai rata-rata sebesar 42,3 dan pada posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,5. Serta hasil uji normalitas diperoleh data N-Gain hasil belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan berdistribusi normal dengan nilai Sig. = 0,325 > 0,05, dengan α = 0,05. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t satu sampel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung 30,114 sedangkan nilai ttabel adalah 2,160. Karena thitung lebih besar dari ttabel dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan kelas V SDN 1 Rombo Kabupaten Buton Utara.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...