Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan kelas V SDN 1 Rombo Kabupaten Buton Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Group Preetest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Rombo Kabupaten Buton Utara pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Subjek pnelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Rombo Kabupaten Buton Utara sebanyak 14 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis deskriptif pada preetest diperoleh nilai rata-rata sebesar 42,3 dan pada posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,5. Serta hasil uji normalitas diperoleh data N-Gain hasil belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan berdistribusi normal dengan nilai Sig. = 0,325 > 0,05, dengan α = 0,05. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t satu sampel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung 30,114 sedangkan nilai ttabel adalah 2,160. Karena thitung lebih besar dari ttabel dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan kelas V SDN 1 Rombo Kabupaten Buton Utara.
Copyrights © 2022