Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Mind Mapping di kelas IV SDN 1 Busoa Kab. Buton Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri dari 2 (dua) kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Busoa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif melalui lembar observasi dan respon sedangkan data kuantitatif melalui hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 80% dan pertemuan 2 sebesar 80%, sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 80 persen dan pertemuan 2 sebesar 100%, respon siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 50% dan pertemuan 2 sebesar 80%, sedangkan pada siklus II pertemuan 1 90% dan pertemuan 2 100%. Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 58,82% dengan rata-rata sebesar 67,76 pada siklus I. Sedangkan pada siklus II mencapai 82,35% dengan nilai rata-rata 72,47. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Busoa Kab. Buton Selatan.
Copyrights © 2021