REMIK : Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer
Vol. 7 No. 4 (2023): Volume 7 Nomor 4 Oktober 2023

Peranan Digital Banking pada Kepuasan Nasabah Bank ABC Kantor Cabang Semarang

Andi Rosano (Universitas Bina Sarana Informatika)
Vina Islami (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2023

Abstract

Penulis melakukan penelitian ini untuk memeriksa dan mengevaluasi seberapa besar pengaruh layanan digital banking terhadap kepuasan nasabah bank ABC Kantor Cabang Semarang. Untuk kemudahan analisa maka variabel layanan digital dinyatakan dalam reliability (X1), eficiency (X2) dan accesibility (X3). Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah para nasabah bank ABC dari semua golongan masyarakat, dalam hal ini termasuk para dosen dan mahasiswa yang menjadi nasabah. Sampel yang diambil adalah sebanyak 200 orang. Sedangkan teknik penarikan sampel menggunakan metode Simple Random Sampling. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan path analysis. Dari penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya pengaruh signifikan pada reliability, accesibility dan efficiency terhadap kepuasan nasabahbank ABC, baik secara simultan maupun parsial dengan besar pengaruh sebesar 58,5%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

remik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

REMIK adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan yang bertujuan untuk mewadahi penelitian di bidang Manajemen Informatika. REMIK adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis ...