eProceedings of Management
Vol 10, No 4 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Social Media Marketing Dan Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness Pada Café Gampung Aceh

Dinda Putri Zuniar (Telkom University)
Mahir Pradana (Telkom University)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Perkembangan bisnis pada bidang kuliner mengalami pertumbuhan yang pesat. Café merupakan salah satu bentukbisnis kuliner yang paling banyak diminati oleh para pelaku usaha. Karenanya perlu dilakukannya promosi yang baik,agar terciptanya brand awareness dari konsumen. Gampung Aceh merupakan café yang menawarkan kuliner khasAceh dengan konsep tempat yang modern. Penelitian ini dilakukan dengan maksud menganalisis serta melihatpengaruh social media marketing dan word of mouth terhadap brand awareness pada Gampung Aceh café. Penelitianini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel diambil denganmenggunakan teknik nonprobability sampling dengan banyaknya responden sejumlah 400. Data dianalisis melaluiteknik analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis memanfaatkan IBM SPSSStatistics 23. Mengacu pada hasil analisis deskriptif, variabel social media marketing secara keseluruhan sejumlah83,68% dan masuk kedalam kategori baik. Variabel word of mouth sebesar 84,78% masuk kedalam kategori sangatbaik serta brand awareness sebesar 86,70% masuk dalam kategori sangat baik. Adapun hasil analisis koefisiendterminasi atas pengaruh variabel social media marketing dan word of mouth terhadap brand awareness sebesar 36,9%sedangkan sisanya 63,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci-social media marketing, word of mouth, brand awareness

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...